Sukses

Sering Mengantuk di Kantor Saat Puasa? Ini 8 Cara Mudah Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Saat bulan Ramadan, umat Islam di seluruh dunia diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Puasa adalah menahan hawa nafsu, lapar dan dahaga, serta segala sesuatu yang bisa membatalkannya, dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari.

Meskipun menjalankan ibadah puasa, umat Islam di dunia juga tetap menjalankan aktivitas sehari-hari seperti biasanya. Contohnya saja, umat Islam yang sekolah akan tetap berangkat sekolah, begitu pula orang yang bekerja, maka mereka juga tetap harus menjalankan pekerjaannya.

Meskipun menjalankan puasa, umat Islam harus tetap melakukan kegiatan sehari-hari seperti biasa. Puasa memang bisa memberikan dampak yang positiv bagi kesehatan tubuh. Namun wajar bila seseorang yang berpuasa pasti akan merasa lemas hingga mengantuk karena mereka tidak makan dan juga minum selama seharian.

Lemas dan mengantuk mungkin menjadi masalah yang sering dirasakan oleh sebagian orang yang menjalankan ibadah puasa. Namun hal ini sebenarnya bisa dicegah dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi dan juga banyak nutrisi saat sahur. Atau kamu juga bisa melakukan beberapa hal yang bisa membuat tubuhmu menjadi lebih segar lagi dan tidak mengantuk.

Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa cara mudah mengatasi rasa kantuk saat bekerja yang bisa kamu praktikkan, dilansir dari berbagai sumber, Jumat (10/5/2019).

2 dari 3 halaman

Cara Mudah Mengatasi Rasa Kantuk saat Bekerja

1. Jangan terlalu banyak diam

Jika kamu sedang berada di kantor, usahakan untuk tidak terlalu sering berdiam diri. Cobalah untuk sesekali berbincang, berdiskusi atau bercerita kepada teman kantormu. Karena dengan kamu tidak melakukan apa-apa di kantor, akan membuatmu lebih mudah merasa mengantuk.

2. Jangan terlalu terpaku dengan gadget

Salah jika kamu beranggapan bahwa dengan bermain gadget akan membuat rasa kantuk menjadi hilang. Terlalu terpaku dengan gadget akan membuat kamu hanya terfokus pada satu titik saja dan membuat pandanganmu menjadi monotn. Hal ini bisa memicu rasa lelah dan kantuk. Jadi usahakan untuk tidak terpaku dengan gadget.

3. Jangan mencuci muka

Mungkin banyak orang yang menganggap dengan mencuci muka, maka rasa ngantuk akan menghilang. Namun hal ini adalah salah. Mencuci muka memang bisa membuat kamu menjadi lebih segar, namun hanya pada beberapa saat saja. Setelah itu, rasa ngantuk akan kembali dan lebih parah lagi.

4. Jangan duduk terlalu lama

Jangan keseringan duduk terlalu lama di kursi tempat kerja. Sesekali berjalan-jalan lah mengelilingi kantor. Mellakukan perenggangan beberapa menit, bisa membuat rasa kantuk menjadi hilang. Jika kamu merasakannya lagi, maka ulangi kegiatan tersebut.

3 dari 3 halaman

Cara Mudah Mengatasi Rasa Kantuk saat Bekerja

5. Atur pernafasan

Atur pernafasan dengan latihan oksigenasi. Kamu bisa mengatur pernafasanmu seperti menarik oksigen dan menghembuskannya beberapa kali untuk menghilangkan rasa kantuk yang menyerangmu.

6. Mengedipkan mata beberapa kali

Jika kamu merasa mengantuk, kedipkan mata beberapa kali dengan cepat. Cara ini biasanya mampu mengurangi rasa kantuk. Lakukan beberapa kali dalam beberapa menit.

7. Cari sinar matahari

Kamu juga bisa menggunakan sinar matahari untuk menghilangkan rasa kantuk yang sedang kamu rasakan. Sinar matahari akan membuat matamu menjadi lebih segar dan juga menghilangkan rasa kantuk yang sedang kamu rasakan.

8. Tidur siang sebentar

Jika di kantormu ada waktu istirahat, maka gunakanlah untuk tidur siang. Tidur siang selama 30 sampai dengan 40 menit bisa efektif menghilangkan rasa kantuk. Tidur siang ini juga bagus untuk kesehatan. Namun jangan sampai kebablasan ya.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika mengantuk di kantor pada waktu bulan puasa. Selamat mencoba.

Loading
Artikel Selanjutnya
Quraish Shihab: Ini Akibatnya Jika Agama Disalahpahami
Artikel Selanjutnya
Permainan Anak Saat Ngabuburit yang Kini Hilang