Sukses

Jenis Sedekah yang Disukai Allah, Apakah Itu?

Jika sedekah didapat dari sesuatu yang tidak halal, bagaimana di mata Allah?

Liputan6.com, Jakarta - Sedekah merupakan salah satu amal pemberat manusia untuk bisa menuju surga Allah. Menurut Islam, ada berbagai macam sedekah yang diberikan oleh seseorang.

Bentuk sedekah tidak melulu soal uang atau barang. Nasihat dan senyuman juga bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk sedekah.

Namun, pertanyaan mendasar adalah bagaimana cara orang tersebut mendapatkannya. Apakah halal di mata Allah?

Sebuah hadis mengatakan bahwa mengembalikan satu dirham, karena mengandung syubhat, lebih disukai oleh Rasul dibandingkan dengan menyedekahkan seratus ribu dinar.

Penjelasan itu sama seperti apabila makanan dan minuman berasal dari cara halal, maka akan baik pula sedekah yang diberikan oleh orang tersebut. Akan tetapi sebaliknya, jika semua yang didapati dengan cara haram.

Apa yang dikeluarkan untuk dirinya walaupun untuk sedekah, Rasulullah mengatakan bahwa tidak ada satu pun doa-doa akan terkabul. Segala amalan selama hidup pun akan terempas.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dalam Hadis

Hadis tersebut diriwayatkan oleh Abu Daud dalam Marasil, Hasan li Ghairihi, Shahih Targhib nomor 1721.

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Barangsiapa yang mendapatkan harta dari sumber yang haram lantas dia manfaatkan untuk berbuat baik kepada kerabatnya, sedekah kepada orang miskin atau infaq di jalan Allah, maka semua amalnya tersebut dikumpulkan (tidak bernilai) dan karenanya dia dicampakkan ke dalam neraka."

 

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.