Sukses

Ibadah Puasa Lebih Asyik dan Produktif dengan 5 Aplikasi Ini

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang memiliki kebiasaannya sendiri saat menjalankan ibadah puasa. Kehadiran aplikasi  mobile juga bisa membuat kegiatan saat Ramadan menjadi lebih menyenangkan.

Selain aplikasi untuk membantu beribadah, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu bangun tepat waktu saat sahur, hingga menunggu waktu berbuka.

Berikut beberapa aplikasi agar kegiatan puasa di bulan Ramadan ini semakin menyenangkan dan produktif.

1. Aplikasi chatting

Aplikasi chatting termasuk jajaran aplikasi yang wajib ada di smartphone sebelum bulan puasa.

Bukan hanya untuk mengobrol, aplikasi chatting seperti BlackBerry Messenger, WhatsApp dan LINE juga bisa digunakan untuk menggali dan berbagi informasi.

Kamu bisa memanfaatkan fitur BBM Channel atau LINE Today, untuk mendapatkan informasi sekaligus saling mengirim pesan dengan teman-teman atau keluarga.

2. Aplikasi media sosial

Tidak ada salahnya menggunakan media sosial, selama bisa mengatur waktu dan kegunaannya, termasuk saat menjalankan ibadah puasa.

Kamu bisa mendapatkan beragam informasi menarik di media sosial, seperti aplikasi Facebook, Twitter dan Istagram.

Selain mendaptkan informasi, kamu juga bisa mendapatkan tambahan uang. Pasalnya, banyak produsen biasanya melakukan program bagi-bagi THR dengan memanfaatkan media sosial.

Kendati demikian, kamu harus bisa mengontrol aktivitas di media sosial. Setidaknya, jangan membuat ujaran kebencian atau menghina unggahan orang lain di media sosial, yang akan mengurangi pahala di bulan puasa. Kamu juga harus mengaplikasikan hal ini di kehidupan sehari-hari.

2 dari 4 halaman

Aplikasi Alarm dan Pengeditan Foto

3. Aplikasi alarm

Aplikasi alarm merupakan salah satu produk digital yang harus dimiliki, terutama saat Ramadan. Salah satunya berfungsi untuk membantu kamu agar tidak melewatkan waktu sahur. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu kamu latihan agar terbiasa bangun untuk sahur.

4. Aplikasi pengeditan foto

Bagi kamu yang suka berburu foto, maka sebaiknya unduh aplikasi pengeditan foto seperti Snapseed atau VSCO. Aplikasi pengeditan memiliki beragam fitur menarik untuk membuat foto kamu semakin bagus.

Sambil menunggu buka puasa, kamu bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi tersebut untuk mengedit foto. Kemudian, hasil kreasi tersebut bisa diunggah ke media sosial.

3 dari 4 halaman

Aplikasi untuk Ibadah

5. Aplikasi untuk memperlancar ibadah

Salah satu aplikasi yang bisa membuat aktivitas saat Ramadan kian bermanfaat adalah Muslim Pro. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fungsi, seperti Adzan saat waktu shalat, petunjuk arah kiblat dan ayat Al-Qur'an. Kamu bisa menggunakannya kapan dan di mana pun.

Selain Muslim Pro, ada berbagai aplikasi serupa lainnya di App Store dan Google Play Store. Kamu bisa memilih yang sesuai dengan keinginan.

Selamat menjalankan ibadah puasa!

(Jek/Ysl)

 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading