Sukses

4 Kiat agar Puasa Ramadan Lebih Mudah untuk Ibu Menyusui

Liputan6.com, Jakarta Untuk para ibu-ibu muslim yang menyusui menjelang bulan Ramadan ini, bukan suatu kewajiban untuk berpuasa jika kamu sedang menyusui. Tapi jika kamu ingin berpuasa, ada beberapa hal yang bisa kamu persiapkan agar puasa bulan Ramadan bisa lebih mudah dilalui.

1. Perbanyak asupan makan sehat

Makan makanan sehat dan bernutrisi itu wajib. Pastikan kamu selalu kenyang selama berbuka puasa hingga tiba waktunya sahur, karena kamu dan buah hati butuh banyak nutrisi. Bisa juga menjadwalkan makan setiap dua-tiga jam sekali.

2. Minum sebanyak yang kamu mampu

Selama waktu berbuka puasa, minumlah lebih banyak air putih, minum juga minuman manis, untuk menghindari dehidrasi. Minum lebih banyak lagi ketika sahur hingga menjelang imsak.

3. Kurangi pekerjaan rumah tangga yang berat

Kurangi kegiatan yang menguras tenaga seperti mencuci baju, bersih-bersih rumah dan menyeterika. Jangan memaksakan diri melakukan pekerjaan rumah tangga, lakukan saat sudah berbuka puasa.

4. Istirahat cukup

Menyusui juga menguras banyak energi, jadi pastikan kamu dapat istirahat cukup. Tidur siang jika bayi kamu tidur. Cara ini bisa menghemat tenagamu hingga menjelang berbuka puasa. Tidur siang saat berpuasa juga berpahala lo.

Tapi kamu juga harus ingat Moms, jangan memaksakan diri. Jika hari sangat panas, kamu banyak kegiatan atau anak rewel hingga kamu tidak tahan untuk tidak makan dan minum, ingat bahwa kamu tidak harus memaksakan diri meneruskan puasa demi kesehatan diri dan bayimu. Semoga tip-nya bermanfaat ya.

Sumber: Vemale

Reporter: Febi Anindyakirana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini