Sukses

Kampanye di Papua Barat, Jokowi Janjikan Konektivitas antar Daerah

Selain jalur darat, Jokowi ingin memastikan ketersambungan terjalin melalui jalur udara maupun laut.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden nomor urut 01 Jokowi menjanjikan bakal menyambung jalur darat dari kabupaten Fak Fak ke Kaimana, Papua Barat pada 2020. Hal tersebut disampaikan dalam orasi politik di Sorong, Papua Barat, Senin, 1 April 2019 malam.

Jokowi mengatakan dirinya senang setiap kali ke Papua Barat. Namun, dia menyoroti konektivitas antar wilayah belum baik. Saat ini pemerintahannya tengah membangun infrastruktur untuk menyambung jalur darat.

"Ada Fakfak ke Kaimana, belum sambung ya Pak Bupati. Tapi saya janji 2020 itu sudah sambung," ujar Jokowi.

Selain jalur darat, Jokowi ingin memastikan ketersambungan terjalin melalui jalur udara maupun laut. Maka itu dia berjanji bakal mengecek kondisi pelabuhan dan bandara udara.

"Ada juga beberapa bandara dan pelabuhan, ini perlu diperpanjang runwaynya, ini pelabuhan perlu diperbesar nanti saya minta tim cek di lapangan agar secepatnya kita penuhi," tutur dia.

Sementara, dalam waktu dekat Jokowi berjanji untuk mengaspal jalan antar kota di Papua Barat. Dia ingin tahun ini segera rampung. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan betapa pentingnya infrastruktur di tanah Papua. Kata dia, infrastruktur itu bakal menumbuhkan ekonomi.

"Karena infrastruktur itu baik jalan, airport, pelabuhan itu akan menumbuhkan titik titik pertumbuhan ekonomi," ucap Mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaatkan Dana Desa

Jokowi juga mengatakan, infrastruktur tidak hanya membangun yang besar-besar. Maka itu, dia ingin dana desa harus dilanjutkan untuk membangun infrastruktur skala kecil di desa.

Adanya program dana desa ini diharapkan mampu memberi rasa keadilan untuk semuanya.

"Dana desa itu memang harus dilanjutkan, karena desa kita memerlukan infrastruktur meski jalan kecil jalan ke sawah itu juga diperlukan. Jadi yang kita pikirkan bukan hanya infrastruktur besar tapi yang kecil," kata dia.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.