Sukses

Jika Jokowi Terpilih, TKN: Anggaran Kartu Prakerja Masuk APBN 2020

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) capres-cawapres nomor urut 01 Johnny G Plate memberikan penjelasan soal penganggaran untuk program Kartu Prakerja milik capres-cawapresnya. Menurut dia memang anggaran itu tidak akan masuk APBN Tahun 2019.

"Kalau anggaran yang dimaksud tahun ini, 2019, kan sudah diputuskan anggarannya," kata Johnny di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/3/2019).

Johnny menjelaskan perlu beberapa hal untuk bisa memasukkan dana Kartu Prakerja di dalam APBN 2019. Salah satunya dengan revisi anggaran.

"Kalau mau dimasukkan ya revisi anggaran 2019. Nomenklaturnya harus ada penyesuaian," ungkapnya.

Johnny menambahkan, yang paling memungkinkan anggaran Kartu Prakerja masuk APBN 2020. Setelah terpilih presiden baru.

"Kedua, apabila dibiayai melalui APBN, saya kira yang bisa kita lakukan kan 2020 bisa masuk. Jadi akan dibicarakan oleh DPR yang saat ini masih bekerja aktif, kan sampai Oktober. Jadi kami bisa mengawali persiapan itu untuk APBN 2020," ucapnya.

Sebelumnya, capres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi memberi penjelasan tentang Kartu Prakerja yang dipaparkannya dalam Konvensi Rakyat beberapa waktu lalu. Jokowi mengatakan, kartu ini dikhususkan untuk para anak muda lulusan SMA/SMK, perguruan tinggi, dan politeknik.

 

2 dari 2 halaman

Penjelasan Jokowi

Hal ini dikatakan Jokowi saat menghadiri acara ngopi bersama milenial Sulawesi Tenggara di Kopi Haji Anto 2 Kendari, Jumat (1/3/2019). Salah satu relawan sebelumnya meminta penjelasan kepada Jokowi terkait hal ini.

"Mengenai kartu prakerja, kartu ini kita siapkan untuk anak-anak muda yang lulus dari SMA atau SMK maupun yang lulus dari politeknik/perguruan tinggi untuk bisa masuk ke industri untuk dapat pekerjaan," jelas Jokowi.

Menurut dia, para pemegang kartu ini nantinya akan mendapat pelatihan sehingga dapat meningkatkan kemampuannya. Pelatihan ini tidak hanya dilakukan di dalam negeri, namun juga di luar negeri.

"Semua dikerjakan oleh instruktur yang punya kualifikasi yang bagus. Sehingga begitu lulus training mestinya kalau training bagus gampang sekali masuk dunia kerja," ucap dia.

Dia mengatakan, pemegang kartu pra-kerja yang belum mendapat pekerjaan, meskipun telah mengikuti pelatihan tak perlu khawatir. Jokowi menjelaskan bahwa pemegang kartu ini tetap akan mendapatkan gaji.

"Kalau belum dapat pekerjaan kartu itu juga akan memberikan kayak honor, kayak gaji gitu. Tapi jumlahnya berapa, masih kita rahasiakan," kata Jokowi disambut tepuk tangan dari para relawan.

Reporter: Sania Mashabi

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • TKN
Loading
Artikel Selanjutnya
HEADLINE: Elektabilitas Terkini Jokowi Vs Prabowo, Bakal Stabil hingga 17 April?
Artikel Selanjutnya
Alasan Jokowi Rela Berdesakan Naik KRL Pulang ke Istana Bogor