Sukses

Jokowi: 488 Kapal Sudah Kita Tenggelamkan

Jokowi mengatakan pemerintah terus berupaya memanfaatkan sumber daya laut dengan melakukan upaya ekspolarasi ladang minyak lepas pantai (offshore).

Liputan6.com, Jakarta - Capres nomor urut 01 Jokowi menjawab pertanyaan panelis mengenai pemanfaatan sumber daya laut bagi kesejahteraan masyarakat. Jokowi mengatakan laut merupakan masa depan bagi masyarakat Indonesia.

Sejauh ini, capres petahana ini mengaku telah menerapkan sejumlah kebijakan strategis dalam menjaga kelestarian laut, salah satunya dengan memberantas pencurian ikan oleh kapal-kapal besar ilegal.

"4 tahun kita kejar 7 ribu kapal asing yang melakukan ilegal fishing di perairan kita. Ada 488 kapal yang telah kita tenggelamkan. Sekarang 7.000 kapal-kapal itu tidak ada. Kita manfaatkan sumber daya alam kita agar bisa sejahtera,” ucap Prabowo dalam debat capres kedua, Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). 

Jokowi juga mengatakan, sejauh ini pemerintah terus berupaya memanfaatkan sumber daya laut dengan melakukan upaya ekspolarasi ladang minyak lepas pantai (offshore) disejumlah wilayah laut nusantara.

"Sekarang banyak sekali ladang minyak kita yang belum tereksplor di lautk kita. Saat ini kita dorong terus ladang minyak ini mendatangkan income," kata dia. 

Jokowi juga mengatakan saat ini terus mengembangkan pembangunan infrastruktur di laut untuk jalur transportasi demi menekan harga komoditi.  

“Infrastruktur yang berkaitan dengan laut kita benahi besar-besaran. Tol laut kita kerjakan di Indonesia Timur. Konektivitas pulau. Tol laut ini harus konsisten. Kita ingin menjadikan laut betul-betul memberikan manfaat bagi masyarat,” kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mekanisme Debat

Debat capres 2019 kembali digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Debat kedua ini disiarkan Liputan6.com secara live streaming pada Minggu 17 Februari 2019 di tautan ini.

Debat kedua yang hanya akan dijalani para capres ini, KPU akan memperbanyak interaksi antarkandidat. Debat kedua capres kali ini dibagi dalam enam segmen. 

Pertama berupa penyampaian visi-misi, segmen kedua dan ketiga berupa pertanyaan dari tim panelis. Kemudian, segmen keempat berupa debat eksploratif dengan pemantik diskusi berupa tayangan video singkat yang disiapkan tim panelis.

Pada segmen kelima, kedua capres saling mengajukan pertanyaan bebas dan segmen keenam pernyataan penutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini