Sukses

LIRA Apresiasi Tahapan Pilkada yang Relatif Tanpa Kerumunan

DPP LIRA mengucapkan dukungan dan terima kasih kepada seluruh pihak yang akan dan sedang berproses mensukseskan Pilkada 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Pengundian nomor urut paslon secara serentak telah dilaksanakan. Antisipasi kerumunan massa berjalan dengan baik hampir di mayoritas daerah penyelenggara Pilkada 2020. Hal ini mendapat apresiasi dari DPP LIRA (Lumbung Informasi Rakyat).

DPP LIRA mengucapkan dukungan dan terima kasih kepada seluruh pihak yang akan dan sedang berproses mensukseskan Pilkada 2020. Kepada KPU, Bawaslu, paslon, partai politik, TNI-Polri, sinergi pemerintah-DPR, dan Masyarakat.

"Meskipun kita lihat di awal pendaftaran masih terdapat keramaian, namun semangat memperbaiki diri telah kita tunjukkan, terbukti dengan pengundian nomor paslon Pilkada yang relatif tanpa keramaian," ujar Presiden LIRA Ollies Datau mengungkapkan rasa salutnya.

Lebih lanjut, wanita yang biasa disapa OD ini menyatakan bahwa ia yakin Pilkada 2020 dapat dilaksanakan aman dari Covid-19.

"Asalkan Protokol kesehatan dilaksanakan, pakai masker, jaga jarak, jangan berkerumun, pasti bisa!" tegas dia.

Turut bersuara, Sekjen DPP Lira Budi Siswanto yang menyampaikan bahwa tahapan pilkada ini relatif lancar karena paslon dan massanya sudah punya kesadaran untuk mematuhi protokol kesehatan.

"Kesadaran dari paslon jadi patokan utama, parpol telah melarang kerumunan pada semua. Semua percuma kalau paslon masih mau bergaya banyak-banyakan massa. Keselamatan rakyat harus kita utamakan," imbau Budi.

Komisaris Utama PT Jaktour ini pun mengajak masyarakat untuk turut mengawasi.

"Kalau penyelewengan sudah dicover oleh panwas. Sementara untuk melaporkan pelanggaran protokol kesehatan jadi tanggung jawab kita semua, mari peduli," harap Budi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penegakan Hukum

Senada dengan pandangan di atas, Wasekjend LIRA Varhan Abdul Aziz berujar, penegakan hukum tak kalah penting dibandingkan protokol kesehatan agar Pilkada 2020 berjalan aman dan lancar.

"Bukan hanya penegakan protokol kesehatan, tapi juga penegakan aturan hukum. Pelanggaran-pelanggaran yang ada nanti harus ditindak guna memberi efek jera," tegas Varhan.

Alumni Magister Ketahanan Nasional UI ini berpandangan, PKPU dan Perbawaslu yang telah disetujui bersama DPR telah mengatur lengkap tentang bagaimana menggelar pilkada di tengah pandemi.

"Ditambah maklumat Kapolri, aparat makin kuat legitimasinya dalam melaksanakan tugas penegakan hukum," ujar Varhan.

Terakhir, DPP LIRA menyatakan komitmennya siap bersinergi menuju Pilkada 2020 yang aman dan lancar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.