Sukses

I Wayan Koster Ingin Ubah KB di Bali Jadi 4 Anak

Struktur anak dalam satu keluarga di Bali memang terdiri dari empat orang, bukan dua.

Liputan6.com, Karangasem - Calon Gubernur Bali nomor urut 1, I Wayan Koster akan memodifikasi program Keluarga Berencana (KB). Ia ingin program KB di Bali yang semula dua anak menjadi empat anak, agar tidak ada generasi Bali yang hilang.

"Kalau program KB dua anak, berarti ada generasi Bali yang hilang, yakni Nyoman (atau Komang) dan Ketut. Bali kehilangan kultur dan budaya," kata Koster saat menggelar simakrama (temu wicara) dengan warga Banjar Bengkel, Desa Antiga, Karangasem.

Menurut dia, program KB yang mewajibkan kepada penduduk Indonesia untuk membatasi keluarga hanya memiliki dua anak berbenturan dengan adat, kultur, dan budaya Bali yang pada akhirnya memutus generasi Bali yang sudah sekian lama ada secara turun temurun.

"Ya, struktur anak dalam satu keluarga di Bali memang terdiri dari empat orang. Anak pertama biasa diberi nama Gede, Putu, atau Wayan. Anak kedua Made atau Kadek. Sementara anak ketiga Nyoman atau Komang, sedangkan anak keempat Ketut," jelas I Wayan Koster.

Selama ini, kata Koster, masyarakat Bali adalah warga yang paling patuh terhadap program KB. Akan tetapi, tak ada imbal balik apa pun yang setimpal atas kepatuhan tersebut. Ke depan, dia menginginkan program KB minimal empat anak agar kultur dan budaya kita tidak hilang.

Selain hilangnya generasi, ada pula kerugian Bali dalam bidang penganggaran. Sebagai wakil rakyat asal Bali yang duduk di Badan Anggaran DPR RI, Koster paham betul bagaimana dana dikucurkan kepada daerah.

"Semua itu dihitung pada jumlah manusia. Misalnya dana BOS, itu dihitungnya berdasarkan jumlah komposisi penduduk di satu wilayah. Jadi, semakin sedikit jumlah orang, semakin sedikit pula bantuan yang didapat," ujar I Wayan Koster.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lobi Pemerintah Pusat

Koster menilai kebijakan KB dua anak tak tepat diterapkan di Bali. Ke depan, ia akan melobi pemerintah pusat agar Bali bisa diberikan kekhususan untuk melaksanakan program KB empat anak.

Menurutnya, tak ada yang perlu ditakutkan dengan program KB empat anak yang digagasnya. Sebab, saat ini semua sudah ditanggung oleh pemerintah.

"Tidak ada lagi alasan banyak anak akan miskin, karena semua sudah dilayani, ditanggung oleh pemerintah. Sekolah dibiayai negara, kesehatan dan perumahan juga. Lalu, apalagi alasannya?" tanya Koster seperti dikutip dari Antara, Kamis (15//3/2018).

Untuk memperjuangkan idenya jika disetujui oleh rakyat Bali, Koster siap pasang badan. "Saya akan pasang badan. Kalau tidak berani ambil risiko, tidur saja di rumah. Gubernur itu mengurusi rakyat. Saya akan membangun Bali setulus-tulusnya, selurus-lurusnya, agar Bali lebih baik dengan konsep Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Tidak ada ragu-ragu, saya sudah siap," katanya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Banjar Bengkel, Wayan Suwita Ariana mendukung penuh gagasan Koster. Ia bersama warga siap mendukung, memenangkan dan memilih Koster-Ace pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bali 27 Juni.

"Program kerja Pak Koster sudah terealisasi jauh sebelum beliau mencalonkan diri menjadi gubernur. Sudah konkret. Kami siap mendukung, memenangkan dan memilih Koster-Ace," ujarnya.

Pasangan nomor urut 1 Wayan Koster-Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (KBS-Ace) diusulkan oleh empat parpol peraih kursi di DPRD Bali, yakni PDIP, Hanura, PAN, dan serta PKPI. Pasangan tersebut juga didukung PKB dan PPP.

Pesaingnya adalah pasangan nomor urut 2, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra-Ketut Sudikerta (Mantra-Kerta) diusulkan oleh empat partai peraih kursi di DPRD Bali, yakni Golkar, Gerindra, Demokrat, dan Nasdem. Mereka juga didukung oleh PKS, PBB, dan Perindo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.