Sukses

Kharisma Zumi Zola Bawa Kemenangan di Pilkada Serentak?

Ada sejumlah faktor yang berperan menempatkan Zumi Zola sehingga mantan pesinetron itu bisa unggul di pilkada serentak.

Liputan6.com, Jambi - Lembaga survei Indo Barometer menempatkan pasangan nomor urut 2 calon Gubernur Jambi Zumi Zola-Fachrori Umar unggul dari pasangan nomor urut 1 Hasan Basri Agus-Edi Purwanto pada Pilgub Jambi 2015.

Ada sejumlah faktor yang berperan menempatkan Zumi Zola sehingga mantan pesinetron itu bisa unggul.

"Pemilih melihat kharisma, Zola banyak dipilih perempuan, ibu rumah tangga dan pemilih pemula," ujar peneliti Indo Barometer Hadi Suprapto Rusli di Jambi, Selasa (15/12/2015).

Berbeda dengan Zumi Zola, pemilih Hasan Basri Agus justru datang dari kalangan laki-laki."Menang telaknya Zola di situ, pemilih perempuan dan pemilih pemula lebih banyak dibanding pemilih laki-laki," kata Hadi.

Berdasarkan hasil hitung cepat, pasangan Zumi Zola-Fachrori Umar berhasil mendapatkan suara terbanyak di 8 kabupaten/kota di Jambi. Sementara pasangan Hasan Basri Agus-Edi Purwanto hanya menang di 3 kabupaten, yakni Kabupaten Sarolangun, Merangin, dan Kerinci.

Berdasarkan hasil hitung cepat Indo Barometer di Pilgub Jambi pada 9 Desember 2015, pasangan Hasan Basri Agus-Edi Purwanto memperoleh 40,98 persen suara dan Zumi Zola-Fachrori Umar memperoleh 59,2 persen suara. Sementara angka partisipasi pemilih di Pilgub Jambi hanya 65,66 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini