Sukses

Menko Luhut Yakin 80% Pengerjaan IKN Selesai di 17 Agustus 2024

Luhut Binsar Pandjaitan melakukan pemantauan langsung terhadap pengerjaan proyek IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan melakukan pemantauan langsung terhadap pengerjaan proyek IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Khususnya untuk meninjau langsung progres pembangunan serta persiapan HUT ke-79 RI yang akan digelar di IKN.

Pada kesempatan itu, Menko Luhut meninjau akses jalan tol IKN segmen 3A dan 3B melalui udara, juga akses jalan tol IKN segmen 5A, dermaga logistik IKN, serta bandara VVIP IKN melalui jalur darat. Ia pun melakukan pertemuan di Direksi Keet Bandara VVIP, untuk membahas soal progres pembangunan.

Usai melakukan peninjauan dan pertemuan, Luhut menyampaikan dirinya yakin soal akses dari dan ke IKN melalui jalur yang lebih efisien.

"Kita berharap 17 Agustus upacara akan bisa dilakukan di sini. Masih ada sedikit-sedikit yang kurang bagus, tapi saya kira itu masalah proses, 80 persen sudah bisa selesai sampai tanggal 17 Agustus (2024)," ujar Luhut dalam siaran pers yang diterbitkan Otorita IKN, Rabu (8/5/2024).

"Airport akan bisa didarati dan bisa mengakomodasi 3 pesawat untuk sampai tanggal 17 Agustus (2024), tapi untuk selesai kira-kira 1 tahun lagi selesai," jelasnya.

Prioritas Pembangunan

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono menekankan, akses logistik seperti jalan tol, pesawat dengan membangun bandara, jembatan, menjadi hal utama dalam pembangunan. Sebab itu akan mempercepat mobilisasi dan efisiensi waktu untuk mengejar pelaksanaan seremoni 17 Agustus 2025.

"Kita tengah mempersiapkan agenda 17 Agustusan, satu sejarah besar perhelatan Indonesia, nantinya juga akan ada event menarik untuk memeriahkan," ungkap Bambang Susantono.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Iklim Investasi Positif

Sementara Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono meyakini, pembangunan IKN yang masif ini bakal menimbulkan iklim investasi yang positif.

"Kami yakin dengan melihat progres pembangunan IKN yang sangat signifikan ini dapat menarik minat investor, selain karena konsistensi pemerintah, juga soal benefit investasi di IKN, terlebih kehadiran Pak Menko Marves ke sini," kata Agung.

"Kami berterima kasih atas peran Menko Marves dalam mengkoordinasi penyelesaian masalah yang terkait dengan lahan di IKN. Salah satu faktor pendukung suksesnya investasi di IKN adalah lahan yang clean and clear dan menghargai hak-hak masyarakat sehingga kelancaran investasi akan berkelanjutan," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.