Sukses

7 Petahana Daftar Jadi Komisioner KPU Jawa Timur

Selain ketujuh komisioner petahana, menurutnya, ada sekitar 200 orang dari berbagai kalangan dan profesi ikut mendaftar, termasuk sejumlah mantan komisioner KPU dan Bawaslu Kabupaten/Kota.

Liputan6.com, Surabaya - Tujuh orang komisioner petahana Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur mendaftar seleksi penerimaan calon komisioner KPU setempat untuk periode 2019-2024.

"Seluruh komisioner yang saat ini masih tercatat anggota juga ikut mendaftar," ujar Ketua Tim Seleksi Suko Widodo, seperti dilansir Antara, Senin (12/11/2018).

Selain ketujuh komisioner petahana, menurutnya, ada sekitar 200 orang dari berbagai kalangan dan profesi ikut mendaftar, termasuk sejumlah mantan komisioner KPU dan Bawaslu Kabupaten/Kota.

"Data tersebut tercatat hingga penutupan pendaftaran seleksi hari ini pukul 16.00 WIB. Para pendaftar berasal dari berbagai daerah di Jatim," ucap Widodo.

Tahap berikutnya, lanjut dia, tim seleksi melakukan verifikasi administratif para pendaftar. Kemudian, kata Widodo, yang lolos akan mengikuti tes tulis pada 19 November 2018 mendatang.

"Sekarang kami masih melakukan verifikasi, kemudian pengumumannya dilakukan secara terbuka antara 16-18 November," kata Widodo.

Tujuh komisioner petahana tersebut yakni Eko Sasmito (Ketua KPU sekaligus divisi keuangan, umum dan rumah tangga, Gogot Cahyo Baskoro (divisi sosialisasi, pendidikan pemilih dan partisipasi masyarakat), dan Choirul Anam (divisi data dan informasi).

Kemudian, Dewita Hayu Shinta (divisi perencanaan dan logistik), Muhammad Arbayanto (divisi teknis penyelenggaraan), serta dua komisioner yang baru sebulan ini menjabat yaitu Rochani dan Insan Qoriawan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan Seleksi Komisioner KPU

Widodo juga berharap, seleksi dapat menghasilkan calon komisioner KPU Jatim yang profesional dan berintegritas, sekaligus memunculkan orang-orang tepat serta mampu menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara pesta demokrasi.

"Komisioner yang terpilih akan bertugas melaksanakan perhelatan Pemilu serentak yaitu Pemilihan Presiden, Pemilihan DPD, Pemilihan DPR RI, DPRD Provinsi dan Pemilihan DPRD Kabupaten/Kota pada 17 April tahun depan," jelas Widodo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.