Sukses

Heru Budi soal Namanya Masuk Radar Pilkada Jakarta: Esok Itu Penuh Misteri

Heru sebelumnya sudah mengantongi dukungan dari Organisasi KAHMI Jaya untuk maju sebagai calon gubernur.

Liputan6.com, Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono merespons soal namanya yang masuk radar bakal calon gubernur (cagub) di pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024. Bagi Heru hari esok masih misteri.

"Hari esok itu penuh misteri, biarlah alam semesta yang menjawab," kata Heru di Rorotan, Jakarta Utara, Senin (13/5/2024). 

Sebelumnya, Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam Jakarta Raya atau (KAHMI Jaya) mendukung Penjabat Gubernur (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.

Ketua KAHMI Jaya M Ichwan Ridwan atau akrab disapa Boim, menilai Heru Budi Hartono sebagai salah satu sosok yang dianggap layak jadi gubernur DKI Jakarta definitif. Pasalnya, dia menyebut pentingnya Jakarta memiliki figur yang sudah khatam memahami setiap persoalan Jakarta.

"Jakarta sedang berproses menuju daerah khusus. Bahkan kota bisnis berskala global. Pondasi ini sudah dibangun secara serius oleh Pj Gubernur Heru, maka keberlanjutan itu harus nampak, jangan dari nol lagi. Pj Heru cukup kapabel dan cocok mimpin Jakarta ke depan. Dia paham gimana membangun Jakarta," kata Boim dalam keterangan tertulis, diterima Selasa (5/3/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Revitalisasi Pasar hingga Normalisasi Sungai

Menurut Boim, hampir dua tahun kepemimpinan di DKI Jakarta Heru cukup akseleratif melakukan perbaikan infrastrukur di ibu kota. Misalnya, kata pembangunan sistem pengolahan sampah sementara reduce, reuse and recycle atau TPS 3R. 

"Dan banyak lagi pembangunan yang terus dilakukan sebagai solusi untuk Jakarta," ujar Boim.

Selain itu, lanjut Boim Heru juga sukses merevitalisasi pasar, mengendalikan inflasi, melakukan normalisasi sungai, mengoptimalisasi transportasi publik hingga penuntasan sodetan Ciliwung. Meski begitu, ia memahami bahwa Heru memang tak sepopuler nama lainnya.

"Bahkan, program penertiban data penduduk pun dilakukan, meskipun tidak populer, tapi penting sebagai validasi mewujudkan kesejahteraan warga," katanya. 

3 dari 4 halaman

Survei Kinerja Heru Budi Hartono

Berdasarkan hasil penelitian lembaga Arus Survei Indonesia pada 2024, kinerja Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono berhasil meraih angka kepuasan publik hingga lebih dari 60%. Hal tersebut mendapat apresiasi dari Ketua Umum Rumah Aktivis Institute (RAI), Andri Nurkamal. 

Andri menilai, tingkat kepuasan publik tersebut akan kian meningkat lantaran Heru terus menggencarkan program pelayanan yang efektif, efisien dan tepat sasaran. Menurutnya, pengalaman Heru menjadi Pj Gubernur cukup menjadi dasar untuk terus memimpin Jakarta lima tahun ke depan guna menyukseskan pembangunan berkelanjutan. 

"Kepuasan publik bagus. Itu baru Pj, punya modal mumpuni, punya prestasi buat jadi Gubernur (definitif). Setidaknya lima tahun ke depan proses pembangunan DKJ dan Kota Global harus berkelanjutan. Mas Heru ibaratnya sudah meng-ground breaking, tinggal seterusnya pembangunan itu dilanjutkan, tentu idealnya dia harus terpilih lagi," ujar Andri di Jakarta, Minggu (12/5).

Lebih lanjut Andri menjelaskan, prestasi kepemimpinan Heru di Jakarta dibuktikan dengan beragam penghargaan dari sejumlah lembaga tinggi yang diterima oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Misalnya, Andri melanjutkan, penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) untuk Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima dengan Nilai Tertinggi (A).

Kemudian, penghargaan dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) untuk Pemprov DKI Jakarta sebagai Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah Tingkat Provinsi dengan Profil Terbaik. Di bidang pemerintahan, lanjutnya, Pemprov DKI Jakarta meraih piagam penghargaan Anubhawa Sasana Kelurahan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI.

 

4 dari 4 halaman

Capaian Kinerja Heru

Selanjutnya, terang Andri, penghargaan Dukcapil Prima sebagai Provinsi Terbaik dalam pelaksanaan digitalisasi pelayanan kependudukan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Andri menuturkan, dari sisi lingkungan, Heru memiliki political will guna mewujudkan iklim lingkungan yang sehat, bersih, produktif dan hijau. Menurutnya, keseriusan Heru dalam merawat lingkungan dibuktikan dengan pemanfaatan ruang terbuka sebagai lahan tanam produktif melibatkan perangkat pemerintahan serta warga setempat.

"Sebagai wujud keberhasilan dalam mengelola kebersihan dan lingkungan perkotaan pun, DKI kan dapat penghargaan juga dari Kementerian LHK, seluruh kota dan kabupaten dapat Adipura. Jakpus, Jakut, Jaktim, Jakbar, Pulau Seribu dapat Adipura, Jaksel juga dapat. Gak kaleng-kaleng lah," katanya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.