Sukses

Ganjar-Mahfud Tegaskan Siap Hadapi Hasil Pilpres 2024

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md menegaskan siap menghadapi apa pun hasil pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md menegaskan siap menghadapi apa pun hasil pilpres 2024. Hasil pemilu 2024 akan disampaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rabu malam ini (20/3/2024).

"Kita sudah siap, kita sudah nyiapin banyak hal. Tim hukum kita sudah siap," kata Ganjar Pranowo usai buka puasa bersama relawan di Posko Pemenangan Ganjar-Mahfud, Rabu (20/3/2024).

Ganjar menyatakan timnya juga sudah menyiapkan semua langkah hukum yang akan diambil terkait sengketa pemilu 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Maka kita akan ikuti proses, insyaallah semua teman sudah menyiapkan dengan baik. Tinggal nanti timing kapan respons-respons akan kita berikan," kata Ganjar Pranowo.

Terkait lokasi, Ganjar mengaku akan memantau sendiri di televisi. "Kita mau tarawih dulu. (Pengumuman) TV ada," ucap Ganjar.

Sementara itu, tanggapan resmi Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud terkait hasil pemilu 2024 akan disampaikan Kamis (21/3/2024). "Besok, insyaallah di sini," pungkasnya.

Sebelumnya, Komisioner KPU RI August Mellaz mengatakan, pengumuman hasil pemilu 2024 kemungkinan setelah berbuka puasa.

Hal ini dikarenakan KPU masih harus menuntaskan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara nasional untuk Provinsi Papua dan Papua Pegunungan terlebih dulu. 

"Akan ada waktu buat kami melakukan pencermatan dokumen-dokumen yang diperlukan. Kita ambil jeda sampai menjelang ibadah berbuka puasa (untuk pengumuman hasil pemilu 2024)," ujar Mellaz di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prabowo Bersama Koalisi Simak Pengumuman Hasil Pemilu 2024 di Kertanegara

Sementara itu, calon presiden (capres) nomor urut 02, Prabowo Subianto, memantau pengumuman hasil pilpres 2024 dari kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (20/4/2024).

Pengumuman hasil pemilu 2024 akan disampaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada malam ini.

"Ya, hari ini kami menunggu keputusan pengumuman dari KPU yang merupakan lembaga yang paling berwenang untuk menetapkan dan mengumumkan hasil pilpres 2024," kata Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani kepada wartawan di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan.

"Kami sedang berkomunikasi jam berapa di KPU sudah siap dan Pak Prabowo akan menunggu dan memantau dari tempat ini," sambungnya.

Prabowo akan memantau hasil pemilu 2024 bersama pimpinan partai Koalisi Indonesia Maju dan sejumlah tokoh. Ketua Umum Partai Gerindra itu juga menggelar acara buka puasa bersama di kediamannya.

"Ya insyaallah bersama dengan pimpinan partai koalisi dan tokoh-tokoh yang selama ini mendampingi Beliau," ujar Muzani.

Muzani belum mengetahui apakah cawapres nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka, juga ikut memantau hasil pilpres 2024 bersama Prabowo. Menurut dia, Prabowo akan menyampaikan pernyataan kepada awak media usai pengumuman dari KPU.

"Insyaallah Pak Prabowo akan menyampaikan statement," ucap Muzani.

3 dari 3 halaman

Anies-Cak Imin Berburu Takjil Jelang Pengumuman Pemilu 2024

Sedangkan capres dan cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) berburu takjil di 'Bazar Takjil Ramadhan' Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2024). Aktivitas itu dilakukan sebelum pengumuman hasil pemilu 2024 oleh KPU.

Anies dan Cak Imin berangkat mencari takjil menggunakan vespa dari kediaman Cak Imin di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan. Keduanya tiba di bazar takjil sekira pukul 16.18 WIB.

Anies-Cak Imin belanja berbagai macam jajanan. Keduanya tampak antusias berbincang dengan para pedagang takjil.

"Ini ceker mercon, bubur padang, batagor, pisang ijo. Ini (paling dicari), ikan teri," kata Cak Imin.

Serupa dengan Cak Imin, Anies juga memborong beberapa takjil dari kudapan hingga minuman.

"Alhamdulillah rasanya kita menang war takjil kali ini. Dari semua, (saya) suka gorengan, dan ini mungkin buat semua (keluarga di rumah) ya," ujar Anies Baswedan.

Anies mengaku senang karena Pasar Benhil amat ramai saat menjelang buka puasa, sehingga secara tidak langsung menggerakkan ekonomi karena ada transaksi di dalamnya yang berdampak pada berkembangnya UMKM.

"Pokoknya senanglah kita dapat, dan senang juga jualan takjil di sini ramai, semarak. Artinya ekonomi bergerak dan usaha mikro bisa makin berkembang," kata Anies.

Selepas itu, keduanya balik menuju kediaman Cak Imin di Widya Chandra. Usai berganti pakaian, keduanya bertolak ke kediaman Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla di Jakarta Selatan untuk buka puasa bersama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.