Sukses

Zulkifli Hasan Targetkan PAN Raih 11 Kursi DPR dari Jawa Barat

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menargetkan partainya meraih 11 kursi DPR RI dari Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menargetkan partainya meraih 11 kursi DPR RI dari Jawa Barat. Artinya, dari 11 dapil di Jawa Barat ada perwakilan legislatif dari PAN.

Hal itu diungkapkan Zulkifli Hasan usai kampanye akbar PAN di lapangan Kebon Pelok, Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (10/2/2024).

"Nanti Jawa Barat seluruh dapil ada DPR RI-nya. Seluruh dapil ada DPR RI-nya apalagi (dapil) Cirebon dan Indramayu insyaallah nanti pecah telur," ujar pria yang kerap disapa Zulhas ini.

Dalam acara tersebut, Zulhas turut mengampanyekan calon legislatif dari PAN. Seperti di dapil Jabar 8 (Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, dan Kot aCirebon, ada Abah Qomar dan Charly Vanhouten.

Zulhas pun menargetkan PAN akan meraih 11 kursi DPR RI dari Jawa Barat.

"(Target) DPR RI-nya terpilih 11 kursi," tegas Zulhas.

Lebih lanjut Zulhas mengapresiasi sambutan dari warga Cirebon terhadap PAN maupun pasangan Prabowo-Gibran. Ia pun optimistis PAN dan Prabowo-Gibran bisa menang di Pemilu 2024.

"Prabowo-Gibran tadi sambutannya luar, bisa satu putaran terpilih nanti 14 Februari. Kita doakan, kita dukung Prabowo-Gibran dan PAN menjadi pemenang pemilu Insyaallah," ujar Zulhas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Elektabilitas PAN Naik, Zulhas Yakin Tembus Dua Digit

Elektabilitas PAN naik menjadi 6,4 persen dalam survei lembaga Indikator Politik Indonesia. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) yakin elektabilitas itu bisa naik hingga 10 persen.

Awalnya Zulhas mengaku senang dengan kenaikan elektabilitas tersebut. Sebab survei sebelumnya PAN berada di angka 3-4 persen.

"PAN nanti dua digit. Alhamdulillah kita PAN dapat survei 6,4 persen dari Indikator, yang sebelumnya belum pernah, PAN kalau disurvei kan 3-4 persen," ujar Zulhas usai kampanye akbar PAN di Kota Cirebon, Sabtu (10/2/2024).

Lebih lanjut Zulhas optimistia elektabilitas PAN akan terus naik menjadi 10 persen.

"Ini surveinya (hampir) 6,5 persen. Kalau surveinya 6,5 persen, mudah-mudahan PAN (nanti di pemilu) bisa di atas 10 persen, amin," ujar Zulhas

3 dari 3 halaman

Survei Indikator

Diberitakan sebelumnya, elektabilitas PAN naik menjadi 6,4%. Hal tersebut terungkap dari hasil survei lembaga Indikator Politik Indonesia terkait keterpilihan partai pada pemilihan legislatif (Pileg) 2024.

Hasil survei itu memprediksi PDIP akan menempati posisi teratas disusul oleh Partai Gerindra, Golkar, PKB, PKS, Demokrat, dan NasDem. Sementara sisanya berada di bawah 4% atau ambang batas parliamentary threshold.

Survei dilakukan dalam periode 28 Januari hingga 4 Februari 2024 kepada 1.200 responden. Adapun penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan toleransi kesalahan (margin of error--MoE) sekitar ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Berikut simulasi surat suara partai:

PDIP 19,6%

Gerindra 17,2%

Golkar 12,1%

PKB 9,5%

PKS 7,9%

Partai Demokrat 6,9%

Partai NasDem 6,7%

PAN 6,4%

PPP 2,2%

PSI 2%

Partai Perindo 1,2%

Partai Gelora 0,4%

Partai Ummat 0,3%

Partai Hanura 0,3%

PBB 0,2%

Partai Buruh 0,1%

Partai Garuda 0,1%

PKN 0%

Tidak jawab 7%

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini