Sukses

Ganjar Blusukan ke Pasar Palimo Palembang, Dapat Keluhan Harga Beras Tinggi

Capres Ganjar Pranowo blusukan ke Pasar Palimo, di Kecamatan Kemuning, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (2/2/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden nomor urut 03 Ganjar Pranowo blusukan ke Pasar Palimo, di Kecamatan Kemuning, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (2/2/2024). Ganjar berdialog dengan pedagang dan mendengarkan keluhan mereka.

Salah satu keluhan adalah harga beras yang masih tinggi. Hal ini sama dengan yang beberapa pasar di wilayah Indonesia, lantaran harga beras masih menjadi persoalan bagi masyarakat.

"Ternyata dari pasar ke pasar, keluhannya masih sama yakni harga beras masih tinggi, mereka jatuhnya sama di angka Rp 14.000-15.000," kata Ganjar usai meninjau pasar Palimo, Jumat (2/2/2024).

Menurut Ganjar, perlu sebuah langkah berupa operasi untuk dapat menurunkan harga beras dan gula yang masih tinggi. Dengan begitu, tidak memberatkan masyarakat nantinya.

"Maka kalau hari ini rakyat berharap betul kebutuhannya akan bisa terpenuhi, rasa-rasanya siapapun yang punya tanggung jawab untuk stabilisasi harga segera lakukan," ucap dia.

Selain itu, Ganjar berjanji akan menghadirkan kebutuhan bahan pokok yang murah dan terjangkau oleh masyarakat, bila terpilih menjadi presiden.

"Khusus padi, jagung, dan kedelai wabil khusus, rasa-rasanya mesti digenjot. Ya (karena) beras, gula masih menjadi problem," pungkas Ganjar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ganjar Akan Ceritakan Pengalamannya Jadi Gubernur Saat Debat Capres Terakhir

Sementara itu, Ganjar Pranowo menyatakan kesiapannya menghadapi debat capres terakhir yang diselenggarakan KPU RI pada Minggu, 4 Februari 2024. Dia akan membagikan pengalamannya selama 10 tahun memimpin Jawa Tengah sebagai gubernur dua periode.

"Nanti kan intinya ada di pendidikan ya, ada kebudayaan, ada teknologi informasi, ada kesejahteraan rakyat, maka penting untuk disampaikan kepada publik," tutur Ganjar kepada wartawan, Jumat (2/2/2024).

Ganjar juga akan menekankan pentingnya KTP Sakti sebagai basis satu data masyarakat Indonesia dalam menangani berbagai sektor, termasuk kepentingan kesejahteraan rakyat secara menyeluruh.

"Satu data Indonesia untuk memastikan bantuan sampai ke rakyat jadi begitu penting. Kalau ini belum segera selesai (oleh pemerintah sebelumnya), maka akan segera kita selesaikan," jelas dia.

Berbagai program penting Ganjar-Mahfud pun sesuai dengan tema debat capres nanti, yakni Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

"Termasuk kemudian akses pendidikan yang sangat inklusi dan penuh dengan kesetaraan. Ini cerita-cerita yang barangkali besok akan sesuai dengan tema yang ada," Ganjar menandaskan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat pilpres 2024 terakhir pada Minggu 4 Februari 2024. Debat pamungkas yang diikuti ketiga calon presiden (capres) ini bakal digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat.

Debat ini mempertemukan capres nomor 1 Anies Baswedan, nomor 2 Prabowo Subianto, dan nomor 3 Ganjar Pranowo.

 

3 dari 3 halaman

Kampanye di Manado, Ganjar Makin Yakin Menang Pilpres 2024 Hanya 1 Putaran

Ganjar Pranowo mengaku semakin yakin dapat memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran saja, saat hadir dalam acara Hajatan Rakyat Sulawesi Utara. Euforia yang terjadi di sana pun membuat semangatnya tumpah ruah.

"Hari ini sudah terdengar dan terasakan gelombang kemenangan mutlak satu putaran. Saya merasa bergetar di Manado, saya merasakan aura kemenangan dari Manado," tutur Ganjar di Lapangan Koni Sario, Jl. Pemuda, Sario Utara, Sario, Kota Manado, Sulawesi Utara, Kamis (1/2/2024).

Di tengah guyuran hujan, Ganjar tampak tidak kehilangan semangat untuk menyampaikan visi-misi, serta programnya tentang pendidikan, kesehatan, hingga kesejahteraan untuk rakyat.

"Maka ketika Tuhan kasih hujan hari ini, kita terima dengan senang hati. Tidak ada yang bergerak, semua hujan-hujanan, saya juga ikut hujan-hujanan," jelas dia.

Kepada massa yang hadir, Ganjar menekankan pentingnya persatuan rakyat dan antar calon pemimpin untuk menciptakan semangat perubahan positif di Indonesia.

"Ketika rakyat dan calon pemimpinnya bisa bersatu dan saling merasakan, apa yang menjadi pikiran dan getaran batinnya, maka pada saat itulah sebenarnya, di antara kita sudah yakin bersatu membawa Indonesia lebih baik," ungkapnya.

Ganjar Pranowo juga memberikan pesan agar para pendukungnya terus menyerap aspirasi masyarakat, serta mengajak untuk memilihnya di Pilpres 2024 pada 14 Februari 2024 mendatang. Tidak lupa, dia memeragakan simulasi pencoblosan capres-cawapres nomor urut tiga.

"Temuilah rakyat karena kekuatan kita bersama rakyat. Dengarkan dengan baik keluhan mereka. Catat dengan baik dan berikan kepada kami, agar kami tidak pernah lupa pada rakyatnya. Setelah mendengarkan suara rakyat, ajaklah mereka nyoblos, latihan nyoblos," kata dia.

Tidak ketinggalan, Ganjar Pranowo menyatakan seluruh masyarakat Indonesia menginginkan negara yang bebas dari segala bentuk praktik korupsi.

"Ini banteng dari Manado. Tulisannya basmi korupsi. Bapak, ibu, harapan rakyat sangat sederhana, ekspresinya sangat kreatif, dan ada harapan besar republik ini jadi republik antikorupsi," Ganjar menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini