Sukses

TPN Ganjar: Gibran Sangat Minim Substansi, Ditutupi Gaya Bicara Overconfidence

Chico menilai sepanjang apa pun persiapan Gibran, maka akan sia-sia belaka mengingat dia enggan menyampaikan substansi dan gagasan dalam debat cawapres.

Liputan6.com, Jakarta Juru bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo - Mahfud Md, Chico Hakim menyatakan, Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka minim substansi saat mengikuti debat cawapres yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Menurutnya, Gibran ingin mengganti adu gagasan dengan gimmick maupun gestur yang bertujuan untuk merendahkan lawan debat.

 "Gibran ini sangat minim dalam substansi dan dia ingin menutupinya dengan gaya-gaya bicara yang sangat overconfidence," kata Chico dalam di Media Center TPN, Selasa (23/1/2024).

Oleh karena itu, Chico menilai sepanjang apa pun persiapan Gibran, maka akan sia-sia belaka mengingat dia enggan menyampaikan substansi dan gagasan dalam debat.

"Ketika orang minim substansi itu kan walaupun dia di-feeding sedemikian rupa dalam beberapa Minggu, itu enggak cukup," ujar Chico.

Chico menegaskan, untuk menjadi ahli atau expert tak bisa hanya bermoda pernah kuliah saja, namun seorang ahli membutuhkan pengalaman dan waktu yang panjang.

"Jadi kita enggak bisa bicara orang menjadi exspert karena dia pernah kuliah, enggak. Karena dia pernah punya pengalaman dan dia adalah harus menjadi seorang pembelajar," kata. 

Diketahu, Gibran melakukan gerakan tubuh atau gestur yang dianggap tidak etis saat menanggapi Mahfud dalam debat kedua cawapres di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (21/1/2024). 

Mulanya, Gibran bertanya mengenai komitmen Ganjar-Mahfud mengatasi greenflation atau inflasi hijau. Mendengar jawaban Mahfud, Gibran justru menunjukkan gestur bingung dan celingak-celinguk.

"Saya lagi nyari jawabannya Prof Mahfud, saya nyari-nyari di mana ini jawabannya? Kok enggak ketemu jawabannya. Saya tanya masalah inflasi hijau, kok malah menjelaskan ekonomi hijau, Prof Mahfud yang namanya greenflation itu, inflasi hijau itu," kata Gibran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Kaesang Soal Gimmick Gibran

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep angkat bicara soal gimmick yang ditampilkan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka dalam debat cawapres, Minggu 21 Januari 2024. Dia mempersilahkan masyarakat untuk menilai gimmick-gimick sang kakak saat debat cawapres.

"Ya balik lagi, biar yang nonton aja yang menilai," kata Kaesang di GOR Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (23/1/2024).

Dia membantah Gibran kerap melakukan gimmick dalam sehari-sehari. Putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu pun menolak berkomentar banyak soal gimmick yang ditampilkan Gibran dalam debat cawapres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini