Sukses

Soal Debat Cawapres, Zulhas: Gibran Udah Oke, Tak Ada Persiapan Khusus

Menurut Zulhas, Gibran tak memiliki persiapan atau strategi khusus untuk menghadapi debat keempat Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan memastikan Gibran Rakabuming Raka siap menghadapi debat calon wakil presiden (cawapres) 2024 yang akan digelar pada Minggu, 21 Januari 2024.

Menurut dia, Gibran tak memiliki persiapan atau strategi khusus untuk menghadapi debat keempat Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

"Oh, Gibran udah oke. Mas Gibran biasa aja. Persiapan khusus enggak ada," kata Zulhas kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (18/1/2024).

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengumumkan 11 nama panelis debat cawapres atau debat keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang bakal diikuti tiga calon wakil presiden di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Minggu, 21 Januari mendatang. 

Komisioner KPU RI August Mellaz saat ditemui selepas rapat final koordinasi penyelenggaraan debat keempat Pilpres 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu, menyebutkan 11 nama itu telah mengonfirmasi kesediaan mereka menjadi panelis dan dikarantina dua hari sebelum acara debat yaitu pada Jumat, 19 Januari 2024. 

"Untuk panelis, kami sudah mendapatkan konfirmasi kesediaan dari 11 orang yang akan kami karantina, nanti tanggal 19 (Januari) hari Jumat," kata August Mellaz diikutip dari Antara, Rabu, 17 Januari kemarin. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

11 Panelis untuk Debat Keempat Pilpres 2024

Para panelis itu terdiri atas mayoritas akademisi dan beberapa diantaranya praktisi yang tergabung dalam organisasi masyarakat sipil.

Nama-nama panelis untuk debat keempat Pilpres 2024, yaitu:

1. Prof. Abrar Saleng (Ahli Hukum Agraria dan Sumber Daya Alam Universitas Hasanuddin),

2. Dr. Arie Sudjito (Sosiolog Pedesaan/Dosen Fisipol Universitas Gadjah Mada),

3. Prof. Arif Satria (Ahli Ekologi Politik/Rektor Institut Pertanian Bogor),

4. Dewi Kartika (Ahli Agraria/Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria),

5. Fabby Tumiwa (Ahli Transisi Energi/Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform),

6. Prof. Hariadi Kartodihardjo (Ahli Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB).

7. Prof. Ridwan Yahya (Ahli Kehutanan dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Teknologi Hasil Hutan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu),

8. Rukka Sombolinggi (Sekretaris Jenderal Aliansi Masyarakat Adat Nusantara),

9. Prof. Sudharto P. Hadi (Pakar Manajemen Lingkungan/Rektor Universitas Diponegoro 2010--2015),

10. Prof. Sulistyowati Irianto (Guru Besar Antropologi Hukum Universitas Indonesia),

11. Tubagus Furqon Sofhani (Ahli Perencanaan Wilayah dan Pedesaan Institut Teknologi Bandung).

Debat keempat KPU yang menampilkan tiga cawapres, yaitu Muhaimin Iskandar (cawapres nomor urut 1), Gibran Rakabuming Raka (cawapres nomor urut 2), dan Mahfud Md (cawapres nomor urut 3).  mengangkat isu-isu antara lain sumber daya alam, masyarakat adat, lingkungan hidup, energi, dan agraria.

Rangkaian debat itu merupakan bagian dari kampanye Pilpres 2024 yang diwadahi KPU. KPU RI menetapkan masa kampanye berlangsung sejak 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024.

3 dari 3 halaman

KPU RI Rampingkan Tema Debat Keempat Pilpres 2024, Berikut Detilnya

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) memastikan, debat ke empat Pilpres 2024 sudah menghasilkan kesepakatan antara tim sukses ketiga pasangan calon, tv pool dan KPU RI sebagai penyelenggara.

Komisioner KPU RI August Mellaz mengatakan, salah satu hal yang disepakati adalah tentang tema debat yang awalnya mengandung tujuh tema  dirampingkan menjadi enam.

“Dari tujuh tema itu kemudian kami sudah tata menjadi enam tema,” kata Mellaz di Kantor KPU RI Jakarta, Rabu (17/1/2024).

Mellaz kemudian merinci, enam tema yang akan dibahas dalam debat yang akan berlangsung pada 21 Januari 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) pada pukul 19.00 WIB itu adalah pertama pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup. Kedua, sumber daya alam dan energi. 

“Tema ketiga adalah soal pangan. Tema keempat yaitu agraria. Tema kelima, masyarakat adat dan tema keenam desa,” rinci Mellaz.

Jika membandingkan dengan yang sebelumnya, diketahui awalnya ada tujuh tema pada debat ke empat yaitu  energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria,  dan masyarakat adat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.