Sukses

Hasto PDIP: Paslon 02 Unggul Tapi dalam Emosi, Intimidasi, dan Kata Tak Pantas

Menurut Hasto, intimidasi yang dilakukan para pendukung Prabowo-Gibran merupakan sikap tidak menghormati nilai demokrasi. Terlebih, ajang debat capres malah diwarnai dengan pelaporan ke Bawaslu.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menanggapi pernyataan Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran yang menilai komunikasi antara kubu Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud menunjukkan bahwa paslon nomor urut 02 sudah unggul dan di atas angin.

"Ya pasangan 02 unggul dalam emosi, unggul di dalam menyampaikan kata-kata tak pantas, unggul di dalam melakukan intimidasi, sampai habis debat pun harus dilaporkan ke Bawaslu," tutur Hasto saat blusukan di Rumah Susun (Rusun) Tanah Tinggi, Senen, Jakarta, Minggu (14/1/2024).

Intimidasi yang dilakukan para pendukung Prabowo-Gibran, lanjut Hasto, merupakan sikap tidak menghormati nilai demokrasi. Terlebih, ajang debat capres malah diwarnai dengan pelaporan ke Bawaslu.

"Itu pemaparan soal ide gagasan kok. Itu menujukkan bahwa pasangan 02 tim kampanyenya sangat panik karena berbagai tampilan akhir-akhir ini khusus dari Pak Prabowo yang sangat emosional. Kembali pada watak dan jati dirinya yang memang ternyata tidak bisa ditutup-tutupi," kata Hasto.

Ganjar Dilaporkan ke Bawaslu

Diketahui, Calon presiden (capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo dilaporkan ke Bawaslu perihal dugaan bagi-bagi voucer internet saat olahraga di CFD Solo hingga soal desakan ke Prabowo Subianto saat debat capres untuk membuka data pertahanan negara. Dia pun menunjukkan kesiapannya untuk memberikan klarifikasi jika nanti dipanggil untuk diperiksa.

"Saya nggak bagi kok (voucer internet), saya nggak bagi sama sekali. Tapi ada kayaknya teman-teman saya yang membagikan itu. Nggak apa-apa nanti kita klarifikasi. Saya nggak pernah bagi kok," tutur Ganjar usai menginap di rumah warga Tegal, Jawa Tengah, Kamis (11/1/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ganjar Heran Diadukan ke Bawaslu Soal Debat Capres

Menurut Ganjar, saat mengikuti kegiatan car free day (CFD) di Solo pun dirinya sempat terkejut karena ada banyak anak muda mendadak berterima kasih padanya. Namun, dia tidak mengetahui alasan ucapan tersebut.

"Terima kasih Pak Ganjar, ya sama-sama. Terima kasih apa ya? (Ternyata soal voucer internet)," ucap dia.

Sama halnya dengan aduan ke Bawaslu soal sikap Ganjar ke Prabowo Subianto pada debat capres yang dinilai mendesak untuk membuka data pertahanan negara.

"Diadukan? Apanya yang mau diadukan. Debat kok diadukan. Apakah capaian program Bapak mendapatkan hasil yang baik? Loh saya belum tahu hasilnya. ‘Pak Ganjar jangan tanya gitu nanti saya adukan loh’. Ya mungkin sedang musim adu mengadu, nggak apa-apa, nanti saya jelasin semua," Ganjar menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini