Sukses

Gus Imin Minta Usaha Ternak Telur Dikembalikan ke Rakyat

Dia berjanji, jika terpilih pemerintahan ke depan bisa mendengar aspirasi para peternak unggas. Sebab problematika yang dihadapi kian pelik dan hanya bisa diatasi dengan cara memberantas mafia penjual telur.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1, Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Imin mengungkap, para peternak unggas meminta agar produksi telur dikembalikan kepada usaha rakyat. Pasalnya menurut Gus Imin, produksi telur dari para peternak unggas terus menurun beberapa tahun terakhir.

Hal itu disampaikan berdialog dengan para peternak unggas di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Kamis (11/1/2024).

"Saya bertemu para peternak unggas yang memproduksi telur dan terus mengalami kerugian beberapa tahun terakhir, bahkan lima tahun terakhir karena ada dua sebab utama," kata Gus Imin dalam keterangannya usai seperti dikutip Jumat (12/1/2024).

Pada kesempatan itu, pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI itu memaparkan, penyebab utama adalah harga telur menjadi turun dan harga pangan yang terus menerus meningkat tinggi. 

Dia berjanji, jika terpilih pemerintahan ke depan bisa mendengar aspirasi para peternak unggas. Sebab problematika yang dihadapi kian pelik dan hanya bisa diatasi dengan cara memberantas mafia penjual telur.

“Integrator itu berfungsi memproduksi telur khusus bibit ayam bukan dijual ke masyarakat dan tugas pemerintah adalah penegakan hukum agar tidak ada lagi namanya HE - telur untuk ditetaskan itu tidak boleh dijual ke rakyat,” janji Gus Imin.

Gus Imin menjamin, usaha ternak telur harus kembali dikelola oleh rakyat, bukan perusahaan besar. Sesuai pada aturannya dan bila ada pelanggaran akan ada penegakkan hukum.

“Aturan hukumnya jelas, tindak tegas jika ada pelanggaran, dia memungkasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kader NU Pasti Dukung Pasangan AMIN

Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin meyakini kader Nahdlatul Ulama (NU) pasti bakal mendukung dan memilih Anies-Cak Imin di Pilpres 2024. Karena itu, jika ada seorang yang mengaku NU tapi malah mendukung kandidat lainnya maka ke-NU’an mereka patut diragukan. 

“Saya yakin rakyat bukan elit yang berideologi NU saya yakin pasti AMIN, orang yang punya idelogi NU pasti istiqomah ke AMIN,” kata pria karib disapa Gus Imin di Blitar saat ditanya tanggapan soal dukungan Kader NU Jawa Timur Khofifah Indarparawansa yang mendukung Prabowo-Gibran, Jumat (12/1/2024).

Meski yakin, Cak Imin mengembalikan semua pilihan terhadap rakyat. Sebagai pemegang mandat, rakyat berhak menentukan siapa yang akan dicoblos pada 14 Februari 2024. Namun jika ada kader NU yang tidak memilihnya, dia ragu keaslian NU orang tersebut.

“Tiap pilpres masing-masing punya hak demokrasi, tapi saya meragukan ke-NUan kalau tidak pilih AMIN,” canda Gus Imin.

Gus Imin menegaskan, dirinya masih percaya suara Jawa Timur masih akan dimenangkan olehnya dan Anies Baswedan bersama PKB.

“Optimis (AMIN) tetap unggul suaranya terbanyak di Jawa Timur dan itu daya tahannya kuat! sehingga tidak ada urusan (dengan Khofifah), itu hak demokrasi masing-masing,” kata pria menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.