Sukses

Tutup Debat Capres, Prabowo Bertekad Tetap Jalankan Politik Bebas Aktif

Calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto menyampaikan kalimat penutup saat debat capres ketiga Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 pada hari ini, Minggu (7/1/2024) di Istora, Senayan.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto menyampaikan kalimat penutup saat debat capres ketiga Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 pada hari ini, Minggu (7/1/2024) di Istora, Senayan.

Dalam penutupnya, Prabowo Subianto menyampaikan rasa syukurnya jika dalam beberapa dasawarsa ini, Indonesia terhindar dari konflik bersenjata dengan negara asing.

"Ini berkat kepemimpinan dan kenegarawanan pemimpin-pemimpin kita. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih dan saya mengajak kita semua mengucapkan terima kasih kepada semua pemimpin dan presiden kita terdahulu," ujar Prabowo saat menutp debat capres, Minggu (7/1/2024).

Selain itu, Prabowo bertekad apabila mendapatkan mandat menjadi Presiden Indonesia selanjutnya, untuk tetap menjalankan politik bebas aktif.

"Saya bertekad manakala saya menerima mandat dari rakyat untuk tetap menjalankan politik bebas aktif, nonblok, menghormati semua negara, menjadi tetangga baik bagi semua negara di kawasan kita, menjaga jarak yang tidak terlalu jauh tapi juga tidak terlalu dekat dengan semua kekuatan menjalin kerja sama ekonomi," kata dia.

Terakhir, Menteri Pertahanan (Menhan) ini juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI, Polri, dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di seluruh Indonesia.

"Saya juga ucapkan terima kasih dan mengajak semuanya mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI dan Polri dan ASN seluruh Indonesia yang telah bekerja keras untuk menjaga kita sehingga kita seperti sekarang untuk tinggal landas siap untuk menjadi negara maju. Kita perlu untuk mempertahankan sistem yang sudah baik, saya akan teruskan TNI dan Polri tetap berada langsung dibawah kendali Presiden untuk mempercepat reaksi dan memperpendek rentang kendali dan rentang komando," ucap dia.

"Saya juga akan memperbaiki kesejahteraan dan kualitas hidup TNI, Polri, dan ASN secara signifikan. Saya mengajak semua bangsa bersatu, rukun, dengan kerukunan, dengan persatuan kita akan menjadi kuat," tutup Prabowo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Segmen Pertama Debat Capres Selesai, Gibran Terlihat Duduk Manis di Belakang Prabowo

Sebelumnya, segmen pertama debat calon presiden (capres) 2024 sudah usai. Setiap pasangan capres mulai dari Anies, Prabowo dan Ganjar sudah menyampaikan visi, misi, dan gagasannya terkait tema debat hari ini.

Diketahui, debat capres ketiga malam hari ini, Minggu (7/1/2024) adalah pertahanan, keamanan, geo politik, hubungan internasionall, globalisasi dan politik luar negeri.

Salah satu hal yang disorot dalam debat hari ini adalah tindak calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka yang diminta menjaga sikapnya.

Sebab diketahui pada dua sesi debat sebelumnya, Gibran dinilai melakukan tindakan provokasi dengan mengangkat tangan kepada para pendukungnya untuk membuat riuh lokasi debat. KPU pun saat rapat evaluasi debat memastikan akan menegur sikap terkait.

Pada hari ini, Minggu (7/1/2024) pantauan di lokasi, Istora Senayan Jakarta, Gibran tampak duduk tenang tanpa membuat gestur meski situasi sempat meninggi saat Prabowo Subianto menyampaikan visi misinya.

"Mungkin ada yang asal bicara, tanpa data, mungkin didorong ambisi yang menggebu-gebu sehingga tidak obyektif," kata Prabowo.

Prabowo menegaskan, sebagai Menteri Pertahanan dirinya berpegang kepada doktrin, strategi nasional, dan semuanya adalah atas dasar kepentingan bangsa dan rakyat Indonesia.

"Saya mampu pertanggungjawabkan. Saya berkeyakinan hanya dengan pertahanan yang kuat, kita akan dihormati, kita akan menjaga kepentingan nasional kita," pungkas Prabowo.

 

3 dari 3 halaman

Bacakan Visi Misi, Prabowo Janji Lindungi Segenap Bangsa Indonesia dan Beri Hidup Layak

Sebelumnya, Calon Presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto membacakan visi dan misi pada debat capres ketiga pada hari ini, Minggu (7/1/2024).

Seperti diketahui, pada hari ini tema debat capres Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 berfokus ada enam hal yakni, pertahanan, keamanan, geopolitik, hubungan internasional, globalisasi dan politik luar negeri.

"Malam ini kita berbicara tema-tema yang sangat penting pertahanan, hubungan internasional, geopolitik, globalisasi, keamanan," ujar Prabowo saat membacakan visi misi di debat capres, Minggu (7/1/2024).

Menurut Prabowo, dengan demikian, kita semua saat ini kembali kepada dasar negara Undang-Undang Dasar atau UUD 1945.

"Dengan demikian kita kembali kepada dasar kita, tujuan nasional yang tercantum dalam Undang-Undang Dasar kita, dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 tercantum sangat tegas bahwa tujuan nasional kita yang pertama adalah melindungi segenap bangsa Indonesia, dan seluruh tumpah darah indonesia. Jadi fungsi dari negara yang pertama adalah melindungi, berarti pertahanan," papar dia.

Prabowo menyadari, negara Indonesia merupakan negara yang besar dan kaya, hingga bahkan didatangi banyak negara jauh ke Nusantara.

"Ratusan tahun negara-negara dari jauh datang ke Nusantara ini untuk intervensi, untuk menggangu, untuk adu domba, dan untuk mencuri kekayaan kita, sampai kita merdeka, kita pun harus berhadapan dengan kekaayan alam kita diambil dengan murah," ucap dia.

"Karena itu, untuk kita menjadi negara makmur, untuk kita menjadi negara sejahtera, untuk rakyat kita hidup layak, punya pekerjaan layak, kita harus menjaga kekayaan kita, kita harus menjaga, dan habis itu kita harus mengelola kekayaan kita," tandas Prabowo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.