Sukses

TPN Ganjar-Mahfud soal 2 Panelis Debat dari Unhan: Mudah-mudahan Tidak Ada yang Bocor

Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Todung Mulya, Lubis mengaku dirinya tak mau berspekulasi buruk terhadap 11 panelis dalam debat ketiga yang diselenggarakan KPU RI, pada 7 Januari mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Todung Mulya, Lubis mengaku dirinya tak mau berspekulasi buruk terhadap 11 panelis dalam debat pilpres ketiga yang diselenggarakan KPU RI, pada 7 Januari mendatang.

Diketahui, KPU telah mengumumkan 11 panelis untuk debat ketiga yang bertemakan pertahanan dan keamanan, hubungan internasional dan globalisasi, serta geopolitik dan politik luar negeri.

Adapun dari 11 panelis tersebut, dua di antaranya berasal dari Universitas pertahanan (Unhan).

"Saya enggak mau berspekulasi, saya punya prasangka baik terhadap semua panelis itu," kata Todung, kepada wartawan, di Posko Teuku Umar, Jakarta, Kamis (4/1/2024).

Namun, dia berharap agar para panelis tidak membocorkan pertanyaan-pertanyaan kepada salah satu pasangan calon yang akan mengikuti debat nanti.

"Mudah-mudahan tidak ada yang bocor ya," imbuh dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar Panelis Debat Ketiga Pilpres 2024

Berikut daftar 11 panelis:

1. Prof. Angel Damayanti, Ph.D (Guru Besar Bidang Keamanan Internasional Fisipol Universitas Kristen Indonesia)

2. Curie Maharani Savitri, Ph.D (Dosen Hubungan Internasional, ahli kajian industri pertahanan dan alih teknologi Universitas Binus)

3. Prof. Evi Fitriani, Ph.D, (Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia)

4. Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D (Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia dan Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani)

5. I Made Andi Arsana, S.T., M.E., Ph.D (Ahil Aspek Geospasial Hukum Laut Universitas Gadjah Mada)

6. Dr. lan Montratama (Dosen Program Studi Hubungan Internasional Ahli Keamanan dan Pertahanan Universitas Pertamina)

7. Irine Hiraswari Gayatri, Ph.D (Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional)

8. Dr. Kusnanto Anggoro (Pakar Keamanan Universitas Pertahanan)

9. Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio (KSAL 2012-2014 dan Ketua Dewan Guru Besar Universitas Pertahanan)

10. Philips J. Vermonte, Ph.D (Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Internasional Indonesia dan Senior Fellow CSIS)

11. Prof. Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, S.I.P. S.SI., M.T, M.SI. (Han) (Guru Besar Bidang Keamanan Global Universitas Padjadjaran)

3 dari 3 halaman

Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki Jadi Moderator Debat Ketiga Pilpres 2024

Di sisi lain, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) juga telah mendapuk dua sosok yang akan bertindak sebagai moderator untuk memandu jalannya debat di akhir pekan nanti. Mereka adalah Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki.

"Moderator Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki," kata Komisioner KPU RI, August Mellaz, di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (3/1/2024).

Diketahui, Ariyo Ardi adalah seorang jurnalis senior dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di bidang penyiaran, pembawa acara, hingga pemimpin redaksi di GTV sejak tahun 2020 hingga saat ini.

Ariyo tercatat juga pernah menjabat sebagai Deputi Editor di iNews TV dan RCT sebagai eksekutif produser dan anchor. Sebelum bergabung dengan MNC group, Ariyo pernah berkarir di TV one dan SCTV.

Sedangkan Anisha Dasuki, melihat rekam jejak digitalnya, merupakan lulusan Universitas Katolik Parahyangan Bandung yang mengawali kariernya sebagai jurnalis pada 2009 sebagai pembawa acara di Metro TV.

Kemudian, pada tahun 2016, Anisha Dasuki bergeser ke MNC Group dan membawakan sejumlah acara di iNews, seperti iNews Petang, iNews Room dan Talk to iNews.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.