Sukses

Survei Indikator: Anies Baswedan dan Gibran Rakabuming Pemenang Debat Perdana

Capres nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo bersaing ketat terkait penampilan di debat perdana. Sementara, Anies Baswedan unggul di posisi teratas.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia menggelar survei terbaru terkait Pilpres 2024. Salah satu hasilnya yaitu soal siapa paling unggul di debat capres dan cawapres perdana. Hasilnya, mayoritas publik menilai calon presiden (capres) Anies Baswedan sebagai pemenang dalam debat capres perdana.

Dari 1217 responden, 42,3 persen mengaku menonton debat capres dan 57,7 persen tidak menonton debat. Dari yang menonton debat itu, 35,5 persen menyatakan Anies pemenang debat.

"Anies overall dianggap sebagai pemenang debat capres," ungkap Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, Selasa (26/12/2023).

Sementara, Capres nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo bersaing ketat terkait penampilan di debat.

"Prabowo dinilai sedikit lebih unggul dengan angka 28,9 persen. Ganjar Pranowo di bawahnya dengan angka 26,9 persen," kata Burhanuddin.

Sementara untuk debat cawapres, dari 35,9 persen yang menonton, 56,2 persen  menilai penampilan Gibran dinilai sebagai yang terbaik dibandingkan Cawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar dan Cawapres nomor urut tiga, Mahfud Md.

"Kalau kita tanya, siapa yang dianggap seusai menonton debat cawapres ini yang unggul, yang tampil baik dalam debat tersebut? mayoritas menganggap Gibran sebagai pemenangnya," ujar Burhanuddin.

"Dalam konteks debat capres, meskipun Anies dianggap paling baik penampilannya, tidak dominan, tidak mencapai 50 persen, tapi dalam konteks cawapres Gibran secara mayoritas dinobatkan sebagai pemenang," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cak Imin di Posisi Terbawah

Sementar, cawapres nomor dua Mahfud MD berada di urutan kedua dengan angka 24,2 persen. Muhaimin Iskandar paling rendah dengan 12,3 persen.

"Gibran mendapat penilaian tertinggi karena dianggap publik sebagai underdog. Ekspektasi Gibran sebelum debat sangat rendah,” pungkasnya.

Adapun survei dilakukan pada 23-24 Desember 2023 melalui wawancara telepon kepada  1217 responden yang dipilih dengan metode random digit dialing (265 responden) dan double sampling (952 responden). Margin of error kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.