Sukses

Cak Imin Berkelakar soal SGIE: Ternyata Sego Goreng Iwak Endog

Cak Imin tak mau mempersoalkan pertanyaan singkatan yang dilontarkan Gibran pada debat cawapres, Jumat lalu. Sebab, Cak Imin menilai perdebatan yang baik adalah membahas substansi, dan itu telah ia lakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin tak ingin memperpanjang persoalan singkatan State of the Global Islamic Economy (SGIE) yang ditanyakan Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka saat debat cawapres, Jumat lalu.

Hal itu nampak saat Cak Imin ditanya awak media terkait SGIE yang sempat membuatnya kebingungan.

“Itu ternyata singkatannya adalah Sego Goreng Iwak Endog (nasi goreng lauk telur),” kata Cak Imin usai menghadiri acara dialog mahasiswa di Semarang, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2023).

Cak Imin pun tak mau mempersoalkan pertanyaan singkatan tersebut. Sebab, Cak Imin menilai perdebatan yang baik adalah membahas substansi, dan itu telah ia lakukan.

“Ya sah sah saja (tanya soal singkatan). Tapi kan kita ini berdebat sego goreng iwak endog atau berdebat substansi pembangunan negara?. Enggak, enggak ada, enggak merasa (dijebak),” ujarnya.

“Yaa substansi boleh, nyatanya saya jawab bagus kan soal bank syariah, soal ekonomi berbasis halal kan itu saya jawab bagus jawaban saya. Soal singkatan saja. Ternyata saya cari di Google itu tadi sego goreng iwak endog,” ujar cawapres pendamping Anies Baswedan ini berkelakar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Momen Cak Imin Gagal Paham Pertanyaan Gibran Soal SGIE

Sebelumnya, Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menskakmat Gus Muhaimin Iskandar ketika bertanya tentang SGIE. Awalnya, Gibran menanyakan kepada Cak Imin soal langkah Cak Imin untuk menaikkan peringkat Indonesia di SGIE.

Ketika waktunya menjawab, Cak Imin tampak bingung. Cak Imin mengaku tidak tahu arti dari istilah SGIE. Cak Imin pun menyerahkan kembali waktu berbicara kepada Gibran.

"Terus terang, SGIE itu saya enggak paham. SGIE itu apa? Saya tidak pernah mendengar istilah SGIE," kata Cak Imin debat Cawapres di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Lalu, Gibran menjelaskan bahwa SGIE adalah akronim dari State of the Global Islamic Economy. Dia menjelaskan Indonesia kini berada di urutan 10 SGIE.

3 dari 4 halaman

Gibran Sindir Cak Imin

Gibran lantas meminta maaf sekaligus menyindir Cak Imin bahwa pertanyaan yang disampaikan terlalu sulit

"Gus kita kan sedang fokus mengembangkan ekonomi syariah, keuangan syariah otomatis kita harus mengerti juga istilah SGIE. SGIE itu adalah State of the Global Islamic Economy. Misalnya sekarang kita 10 besar adalah makanan halal kita, skincare halal kita, fashion kita itu yang saya maksud gus. Mohon maaf kalau pertanyaannya agak sulit ya gus. Terima kasih," ujar Gibran tersenyum.

Ketum PKB ini menanggapi, Indonesia punya potensi besar menjadi pusat ekonomi syariah dunia.

4 dari 4 halaman

Jawaban Cak Imin Soal SGIE

Dia mengungkapkan, ada beberapa langkah untuk menaikkan peringkat Indonesia di SGIE. Salah satunya adalah menyiapkan regulasi yang mendukung tumbuh kembang UMKM Indonesia.

"Memang pertanyaan ini sungguh penting karena Indonesia dengan umat Islam terbanyak di dunia sekaligus bukan saja sebagai pasar ekonomi syariah, pasar pariwisata halal, pasar perbankan syariah."

"Tapi sekaligus punya potensi menjadi pusat ekonomi syariah dunia. Nah posisi kita masih di bawah ini membutuhkan langkah-langkah besar agar yang disebut SGIE menaikkan peringkat kita," papar Cak Imin.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini