Sukses

TB Hasanuddin Harap TNI, Polri, Kejaksaan, hingga Kemenkominfo Bisa Netral Selama Pilpres 2024

Ketua Dewan Penasihat TPD Ganjar Pranowo-Mahfud Md Provinsi Jawa Barat, Mayjen (Purn) TNI TB Hasanuddin meminta TNI, Polri, Kejaksaan, hingga Kemenkominfo bisa menerapkan prinsip netralitas selama pelaksanaan Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Penasihat TPD Ganjar Pranowo-Mahfud Md Provinsi Jawa Barat, Mayjen (Purn) TNI TB Hasanuddin meminta TNI, Polri, Kejaksaan, hingga Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bisa menerapkan prinsip netralitas selama pelaksanaan Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

Menurut TB Hasanuddin, demokrasi bakal hancur dan kembali ke era Orde Baru (Orba) apabila lembaga negara tidak menerapkan netralitas dalam kontestasi politik.

"TNI dan polisi, termasuk kejaksaan harus netral karena itu prinsip berdemokrasi di Republik ini. Siapa yang menghancurkan demokrasi, sama saja membalik ke era Orde Baru," kata TB Hasanuddin dalam sambutannya usai peresmian kantor TPD Ganjar-Mahfud Jawa Barat di Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung, Minggu (24/12/2023).

Dia mengatakan, TNI dan lembaga negara lain memang tidak boleh berpolitik praktis sebagaimana amanat yang tertuang dalam perundang-undangan.

TB Hasanuddin pun menyerukan kepada sukarelawan dan kader parpol pendukung Ganjar-Mahfud tidak takut melawan setiap aksi kezaliman lembaga negara melalui keberpihakan di politik praktis.

"Saya lihat, kalau mulai di sana aparat kepolisian aneh-aneh, jangan takut. Saya siap mati untuk melawan kezaliman ini. Termasuk TNI tidak boleh berpolitik, itu UU yang ditetapkan menurut kepentingan dan kehendak rakyat," kata politikus PDI Perjuangan itu.

Selain TNI, Polri, dan Kejaksaan, TB Hasanuddin juga mengingatkan Kemenkominfo berlaku netral selama pelaksanaan Pilpres 2024.

Dia berbicara hal itu karena belakangan ada gelagat Kemenkominfo tidak netral dengan mengeblok akun-akun di media sosial yang bersuara kritis.

"Saya ingatkan, atas nama saya anggota Komisi I, tolong jangan main-main merusak demokrasi rakyat dengan mengeblok media sosial, terutama yang dilakukan Kemenkominfo, sejak awal saya minta, Menkominfo kalau menjadi partisan salah satu capres, lebih terhormat mundur, supaya keselamatan dia terjaga selamanya," kata TB Hasanuddin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minta Kader Mulai Bergerak

TB Hasanuddin dalam pidatonya juga meminta para sukarelawan dan kader parpol pengusung Ganjar-Mahfud mau bergerak sampai desa menyosialisasikan paslon nomor urut tiga itu.

"Paling penting kita sekarang masuk, mungkin kita tidak bisa berharap lagi bermain di kota-kota, karena sudah dikuasai. Kita bergerilya di desa-desa menyampaikan bahwa nomor tiga itu pilihan terbaik. Pilihan rakyat untuk kemajuan rakyat, kesejahteraan rakyat, dan yang penting untuk keadilan rakyat," tandas TB Hasanuddin.

Sebelumnya, Tim Pemenangan Nasional (TPN) meresmikan pusat kegiatan pemenangan pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md di Provinsi Jawa Barat (Jabar). Peresmian tersebut sekaligus mengobarkan semangat perjuangan kemerdekaan yang diusung Ganjar-Mahfud Md.

Mewakili TPN, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang juga merupakan Sekretaris TPN mendatangi Gedung Kantor Sekretariat Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar Pranowo-Mahfud MD Jawa Barat, di Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (24/12/2023).

 

3 dari 4 halaman

Resmikan Pusat Kegiatan Pemenangan Ganjar-Mahfud Md di Jabar, Hasto Ingatkan Sejarah Kota Bandung

Hasto datang ke lokasi dengan mengenakan jaket berwarna putih dan hitam. Ketua TPD (TPD) Ganjar-Mahfud Jabar Ono Surono dan Ketua Dewan Penasihat TPD Ganjar-Mahfud TB Hasanuddin tampak menyambut kehadiran Hasto di lokasi.

Tampak juga para petinggi parpol pengusung Ganjar-Mahfud dari PDI Perjuangan seperti Ineu Purwadewi Sundari dan Adian Napitupulu, dari PPP, Perindo, dan Hanura. Begitupun perwakilan relawan maupun simpatisan. Ada budayawan seperti Budi Dalton, Ari Subagja, dan Eka Santosa.

Dalam pidatonya, Hasto mengungkit sejarah di Kota Bandung. Di mana, kata Hasto, di kota inilah para pendiri bangsa mengungkit semua semangat dan gagasan tentang Indonesia menjadi negara yang merdeka tertuang.

"Bandung mencatat sejarah luar biasa dengan Konferensi Asia Afrika yang mengguncang dunia dan membentuk tata dunia baru untuk membebaskan negara dunia dari belenggu penjajahan," ujar Hasto yang disampaikan melalui keterangan tertulis, Minggu (24/12/2023).

Hasto mengatakan paslon Ganjar-Mahfud merupakan sosok yang akan terus membawa semangat perjuangan kemerdekaan Indonesia. Semangat itu, kata dia, tertuang dalam pembukaan UUD 1945.

 

4 dari 4 halaman

Ajak Kader Turun ke Bawah

Hasto pun mengajak kader partai pengusung dan sukarelawan untuk turun ke bawah, ke masyarakat Akar Rumput, menyosialisasikan paslon nomor urut 3 Ganjar-Mahfud Md.

"Jadi, untuk itu, Bapak Ibu dan saudara sekalian, dengan peresmian kantor TPD Ganjar-Mahfud Jabar, mari kita organisir rakyat, mari kita persiapkan seluruh gerak perjuangan dengan sebaik-baiknya," jelas Hasto.

Sementara itu, TB Hasanuddin meminta peresmian tempat membuat para kader partai pengusung Ganjar-Mahfud lebih bersemangat bergerilya memenangkan paslon nomor urut tiga itu.

"Kita bergerilya sekarang ke desa, menyampaikan bahwa nomor tiga adalah pilihan terbaik. Pilihan rakyat untuk kesejahteraan rakyat, yang kita dirikan ini Republik Indonesia. Bukan negara kerajaan," kata Hasanuddin yang juga merupakan politikus PDI Perjuangan.

Acara peresmian diawali dengan pementasan seni lokal dan tari-tarian penyambutan. Lalu dilanjutkan tarian modern oleh kelompok pemuda juara tari modern.

Para penari perempuan Gen Z itu tampak membentangkan poster Ganjar-Mahfud di bagian akhir gerakan, lalu Hasto dan elite dan puluhan anggota TPD Ganjar-Mahfud Jawa Barat bertepuj tangan riuh.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penarikan kain berkelir hitam yang menutup tulisan Sekretariat TPD Ganjar-Mahfud Jawa Barat oleh Hasto. Hal itu menjadi simbol Sekretariat TPD Ganjar-Mahfud Jawa Barat diresmikan dan agar makin dimaksimalkan memenangkan capres-cawapres nomor urut tiga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.