Sukses

Anies-Cak Imin Malam-malam Temui Jusuf Kalla Usai Debat Cawapres, Bahas Apa?

Calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menemui Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) usai debat cawapres di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023).

Liputan6.com, Jakarta Calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menemui Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) usai debat cawapres di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023).

Keduanya bertemu JK pertama kali sejak mantan orang nomor dua di RI itu secara terbuka mendukung pasangan AMIN dalam pilpres 2024. Anies-Cak Imin menyambangi JK untuk mengucapkan terima kasih.

"Kami malam ini datang ke tempat Pak JK untuk menyampaikan terima kasih kami. Dukungan yang beliau sampaikan secara terbuka, dan disampaikan dengan pertimbangan-pertimbangan objektif yang insyaallah ini menjadi bahan juga bagi seluruh masyarakat dalam menentukan pilihan," kata Anies Baswedan di Kediaman JK, Jalan Brawijaya Raya, Jakarta Selatan, Jumat malam.

Anies mengaku, dukungan dari JK menjadi dorongan luar biasa bagi AMIN. Terlebih, JK dikenal sebagai figur yang punya segudang pengalaman di dunia usaha.

"Bagaimana pun juga Pak JK adalah seorang yang sangat berpengalaman di pemerintahan. Punya pengalaman di dunia usaha, dan pengalaman dari perspektif daerah maupun pusat. Plus terkait dengan dunia internasional yang beliau miliki," ucap Anies.

Selain itu, Anies menyebut bersama Tim Nasional (Timnas) Pemenangan AMIN banyak bertukar pengalaman bersama JK untuk menghadapi pilpres 2024. Hal itu, kata Anies, bakal menjadi bekal bagi AMIN.

"Beliau berpengalaman mengikuti pilpres sehingga tentu saja beliau berbagi pengalaman-pengalaman yang bisa menjadi bahan bagi timnas untuk menyusun langkah-langkah ke depan agar bisa menghasilkan keberhasilan bagi ikhtiar kita untuk membawa perubahan," jelas Anies.

Anies menuturkan, salah satu yang menjadi pesan Jusuf Kalla untuk AMIN dalam pertemuan malam ini berkaitan dengan konsolidasi. "Iya konsolidasi, gerak bersama yang rapi," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

JK Dukung Anies-Cak Imin di Pilpres 2024

Diketahui, Wakil Presiden ke-10 dan 12 Republik Indonesia, Jusuf Kalla alias JK akhirnya secara terbuka mengumumkan dukungannya kepada pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin pada pilpres 2024.

Juru Bicara JK, Husain Abdullah, menjelaskan alasan Wapres ke-10 dan 12 RI itu baru menyampaikan dukungannya secara terbuka kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 1 Anies-Cak Imin. Menurut dia, JK punya tanggung jawab moral supaya rakyat tidak salah memilih pemimpin.

"Karena merasa punya tanggung jawab moral agar rakyat tidak salah dalam memilih pemimpin yang akan memimpin Indonesia dalam 5 tahun ke depan. Maka, Selasa (19/12) di Makassar, M Jusuf Kalla menyampaikan secara terbuka jika dirinya memilih Anies Baswedan yang berpasangan dengan Muhaimin Iskandar," kata Husain dalam keterangannya, Selasa (19/12/2023).

JK selama ini memang mengaku netral. Tetapi sebagai warga negara, politikus senior Partai Golkar itu memiliki pilihan politik. Berdasarkan rekam jejak, Anies Baswedan dinilai sebagai sosok yang tepat memimpin Indonesia.

"Bagi JK, yang dua periode menjabat sebagai Wapres RI untuk dua presiden berbeda, Anies adalah murid politiknya. Dari segi pengetahuan, pengalaman, kejujuran serta integritas Anies memiliki keunggulan dalam hal tersebut," kata Husain.

3 dari 4 halaman

JK: Saya Sudah Lama Mendukung Anies

Wapres ke-10 dan ke-12 yang juga mantan Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla akhirnya mengungkapkan arah dukungannya kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies-Cak Imin.

Penyampaian dukungan tersebut disampaikan JK saat menjadi pembicara di depan Juru Bicara Kampung AMIN bersama Wakil Ketua Timnas AMIN Sudirman Said di Islamic Centre IMMIM Makassar, Selasa malam (19/12/2023).

JK mengungkapkan banyak pertanyaan kepada dirinya soal dukungan di pilpres 2024. Ia menyebut kedatangannya di Makassar benar-benar menyampaikan pikirannya untuk dukungan calon presiden.

"Saya datang dan ditanya apa sikap Bapak di Makassar ini? Saya betul-betul menyampaikan sikap saya, mudah-mudahan ada manfaatnya," tegas Jusuf Kalla.

JK mengakui mendukung Anies Baswedan secara pribadi. Meski demikian JK mengaku memiliki batasan.

"Saya sebenarnya sudah lama mendukung Anies secara pribadi. Tapi karena saya Ketua PMI memiliki batasan," ujar JK.

4 dari 4 halaman

Timnas AMIN Yakin Dukungan JK Dongkrak Elektabilitas Anies-Cak Imin

Juru Bicara Timnas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Timnas AMIN) Billy David yakin elektabilitas Anies-Cak Imin melonjak usai mendapat dukungan dari Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla (JK).

"Tentunya kita melihat ini sebagai dampak punya efek elektoral," ujar Billy.

Billy menilai JK merupakan tokoh politik senior Tanah Air. Selain itu, Billy juga yakin JK mampu mempengaruhi tokoh lainnya untuk ikut mendukung Anies dan Cak Imin.

"Saya rasa dari apa yang beliau putuskan sudah bisa meng-influence banyak orang untuk bisa memutuskan ataupun berani mendukung AMIN, khususnya Pak Anies, akan jadi momentum dukungan spiritual," kata Billy.

Selain itu, Billy berpandangan dukungan JK akan berdampak bagi suara Anies-Cak Imin di Indonesia timur.

"Karena kan beliau juga tokoh Bugis, tokoh Makassar. Kita berharap juga arah dukungan Indonesia timur, khususnya dari Makassar ke timur akan makin solid ke AMIN," ucap Billy.

Billy menyebut hubungan antara Anies Baswedan dengan Jusuf Kalla juga berjalan dengan baik. Menurut Billy, keduanya sudah memiliki hubungan akrab sejak lama.

"Perlu kita tegaskan dari awal hubungan Pak JK dan Pak Anies kan melintasi zaman dari dulu sekali," kata Billy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.