Sukses

Pasca-Debat Perdana Capres 2024, KPU Persilakan Publik Menilai

Ketua KPU memastikan, suguhan debat capres semalam adalah bentuk usaha terbaik yang sudah dilakukan demi memberikan keyakinan terhadap publik terhadap tiga kandidat yang akan dipilih pada Pilpres 2024 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Hasyim Asy’ari mengaku tidak ambil pusing dengan banyaknya tanggapan publik soal penyelenggaraan debat calon presiden (capres) perdana pada Selasa, 12 Desember 2023 malam.

Menurut dia, penilaian atas acara debat capres yang dilangsungkan semalam di Kantor KPU adalah sepenuhnya kewenangan publik. 

“Soal debatnya menarik atau tidak, tentu yang bisa menjawab adalah para pemirsa,” kata Hasyim kepada awak media seperti dikutip Rabu (13/12/2023). 

Hasyim memastikan, suguhan debat capres semalam adalah bentuk usaha terbaik yang sudah dilakukan demi memberikan keyakinan terhadap publik terhadap tiga kandidat yang akan dipilih pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

“Orisinalitas pertayaan dari masing-masing calon presiden tidak bisa di-setting, tidak bisa diprediksi ditanya apa dan kita mengikuti bersama pertanyaan yang diajukan semuanya lugas oleh masing-masing presiden kepada calon presiden yang lain. Demikian juga ketika menjawab,” jelas Hasyim. 

Terlepas dari dinamika debat, Hasyim berikhtiar, publik dapat menyerap jawaban para capres tadi malam yang bertemakan soal pemerintahan, perlindungan HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi dan penanganan hoaks. 

“KPU berikhtiar supaya suasana debat atau perdebatan antar calon presiden terhadap tema yang diusung dikupas oleh masing-masing calon presiden, tentun dengan perspekti dan data dari calon presiden masing-masing,” ucap Hasyim Asy'ari menandasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Debat Capres Berlangsung Selama 150 Menit

Diketahui, debat perdana calon presiden 2024 sudah dilangsungkan pada Selasa malam, 12 Desember 2023 di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat.

Debat berjalan selama 150 menit dengan total enam segmen. Pada segmen pertama adalah sesi untuk penajaman visi misi yang disampaikan oleh masing-masing kandidat, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Pada segmen kedua hingga kelima, masing-masing dari kandidat mengambil pertanyaan secara acak yang sudah disusun oleh 11 panelis. Pada segmen tersebut, para kandidat diperbolehkan saling berinteraksi dan menanggapi jawaban yang disampaikan. Segmen terakhir atau ke enam adalah penutup. Kandidat dipersilakan membuat closing statement.

    

3 dari 4 halaman

Debat Capres Perdana Disorot Dunia

Gelaran Debat Capres - Cawapres 2024 yang perdana digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (12/12/2023) pukul 19.00 WIB malam mencuri perhatian dunia. Sejumlah media asing memberitakan momen tersebut.

Situs dari Negeri Kanguru, ABC Australia memberitakan aksi di panggung debat yang dihadiri tiga paslon capres - cawapres terdaftar, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka serta Ganjar Pranowo-Mahfud MD, melalui tulisan berjudul "Indonesian presidential candidates clash on security and corruption in first of five debates ahead of the election".

"Ketiga kandidat yang bersaing untuk menjadi presiden Indonesia berikutnya bentrok dalam debat pertama mereka mengenai isu-isu termasuk korupsi, hak asasi manusia, dan pemberontak separatis di negara demokrasi terbesar ketiga di dunia," tulis situs Australia tersebut yang dikutip Rabu (13/12/2023).

Media negeri tetangga Singapura, The Straits Times mengambil sudut pemberitaan dari Debat Capres 2024 soal emosi para peserta debat tersebut melalui artikel bertajuk "Emotions run high at Indonesia’s first presidential debate".

"Seiring perdebatan berlangsung, mereka tidak membuang waktu untuk saling menyerang dengan pendapat. Wajah mereka memerah dan suara mereka bergetar, ketika para pendukung mereka yang memenuhi aula menyemangati," papar situs dari Singapura itu.

 

4 dari 4 halaman

Soroti Serangan untuk Prabowo di Debat Perdana

The Straits Times juga menyebut Prabowo Subianto, menerima serangkaian pukulan dari lawan-lawannya mengenai isu-isu politik, mulai dari keputusan Mahkamah Konstitusi yang kontroversial tentang usia minimum kandidat presiden dan wakil presiden yang mengalami kemunduran demokrasi di negara ini.

Lalu menyorot Anies yang disebut mengkritik terkikisnya demokrasi dan kebebasan berpendapat di Indonesia, serta mengejek Gibran dari generasi milenial yang bisa jadi calon wakil presiden.

Media Singapura lainnya, Channel News Asia (CNA), melalui artikel "Indonesian presidential candidates spar in first live debate, promise to enforce law and eradicate corruption", mengangkat tentang para calon presiden dan pasangannya – Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, serta Ganjar Pranowo dan Mahfud MD – mencoba memikat pemilih dengan menjanjikan apa yang akan mereka lakukan jika mereka menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya di rangkaian debat pertama dari lima debat.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini