Sukses

Relawan Prabowo RBUI Launching Mobil Sehat Keliling Masyarakat di Kawasan Cikoding

Relawan RBUI juga melakukan pemeriksaan tekanan darah, asam urat, kadar gula darah, kolesterol dan beberàpa pemeriksaan lain.

Liputan6.com, Jakarta - Relawan Prabowo Rabu Biru Untuk Indonesia (RBUI) meluncurkan dua unit mobil Rumah Sehat Keliling Rabu Biru di kawasan Cikoding (Cilincing, Koja dan Kelapa Gading) Jakarta Utara, Minggu 10 Desember 2023.

Peluncuran Rumah Sehat Keliling Rabu Biru ditandai dengan pemberian pelayanan dan pemeriksaan kesehatan dibatasi dulu sekitar 100 warga cikoding, Jakarta Utara. Di dalam mobil ini sudah tersedia dokter, nakes dan juga peralatan pemeriksaan kesehatan.

"Konsep ini kita harapkan akan jadi bagian dari penanganan kesehatan dari program Prabowo-Gibran yang tidak terpisahkan juga dari sistim kesehatan pencegahan penyakit maupun penangan stunting," kata Ketua umum dari relawan RBUI Henny Daeng Parani dikutip Senin (11/12/2023). 

Menyinggung bakti sosial RBUI yang dimulai di kawasan Cikoding, Henny menjelaskan pihaknya menggelar aksi nyata berupa pemeriksaan kesehatan masyarakat menggunakan Rumah Sehat Keliling Rabu Biru bagi sekitar 100 warga.

"Ini baru awal, kami sudah menyediakan sejumlah obat dan vitamin," ujarnya.

RBUI juga melakukan pemeriksaan tekanan darah, asam urat, kadar gula darah, kolesterol dan beberàpa pemeriksaan lain.

"Relawan menggelar bakti sosial dengan meluncurkan Rumah Sehat Keliling Rabu Biru dimulai dengan dua unit mobil sehat dan akan diperbanyak ke depannya untuk melayani warga dibeberapa kota," kata dia.

Pada rentang dua bulan ke depan, pemeriksaan kesehatan RBUI akan menyasar target 48 titik di sepanjang area Jabodetabek. Warga mana pun boleh memanfaatkan pemeriksaan kesehatan dan konsultasi dari tim medis melalui mobil sehat keliling ini

"Ke depan, RBUI akan memperluas cakupan dengan konsep yang sama dengan menggunakan mobil sehat keliling, pemeriksaan kesehatan dan konsultasi dokter hingga ke Pantura, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur," kata Henny.

"Ada pun sumber dana bakti sosial sepenuhnya disumbangkan dari para relawan RBUI berhati mulia yang memiliki rasa kebersamaan dan solidaritas tinggi terhadap sesama," dia menandaskan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bentuk Nyata Asta Cita Pasangan Prabowo Gibran

Sementara itu, Penasihat RBUI Roy Maningkas mengungkapkan, rumah Sehat Keliling Rabu Biru adalah bentuk nyata program Asta Cita keempat yang diusung pasangan Prabowo-Gibran di bidang kesehatan. Relawan ini juga akan fokus pada pemberdayaan kesehatan masyarakat, penànganan stunting dari pemeriksaan dan pemberian vitamin, makanan bergizi kepada ibu hamil.

"Kita songsong Indonesia Emas 2045 dengan memanfaatkan bonus demografi agar masyarakat sehat dan produktif yang akan berdampak pada perekonomian dan kesejahteraan rakyat. Bayangkan kami juga melakukan kerja sama dengan pihak independen selàma 6 bulan belakangan yaitu pemeriksaan kolesterol untuk masyarakat jabodetabek dengan sampling hampir 200 ribu orang. Angka koleterol totalnya di atas ambang normal, tentu ini mengkhawatirkan," paparnya.

Roy menjelaskan, RBUI juga fokus pada kesehatan preventif, yakni membantu pemerintah dari fokus penanganan kuratif menjadi preventif.

"Pencegahan stunting dengan cara pemeriksaan ibu hamil dari masa kandungan, menghilangkan faktor risiko pada ibu hamil, penambahan gizi bagi ibu hamil dan menyusui serta penguatan gizi anak hingga 1000 hari kehidupan," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini