Sukses

Kampanye di Karawang, Gibran: Tak Perlu Tanggapi Fitnah, Dijogetin Saja

Gibran mengingatkan para pendukungnya untuk tidak berkampanye secara negatif dan tak menanggapi fitnah serta serangan dengan emosi. Putra sulung Presiden Jokowi itu mengajak pendukungnya berpolitik dengan santai dan riang gembira.

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka menyapa para pendukungnya di Karawang, Jawa Barat, Sabtu (9/12/2023) malam. Gibran pun meminta para pendukungnya mengabaikan fitnah dan serangan yang ditujukan untuk dirinya maupun Prabowo Subianto.

"Saya pesan aja kalau ada fitnah, ada nyinyiran, ada serangan apapun itu di sosial media, enggak perlu ditanggapi ya. Jangan ditanggapi, enggak perlu diklarifikasi, enggak perlu fitnah diserang fitnah balik," ucap Gibran dalam acara 'Pantura Dukung Gibran' di GOR Panatayudha, Karawang Timur, Jawa Barat, Sabtu malam.

Dia mengingatkan para pendukungnya untuk tidak berkampanye secara negatif dan tak menanggapi fitnah serta serangan dengan emosi. Putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu mengajak pendukungnya berpolitik dengan santai dan riang gembira.

"Pokoknya Bapak/Ibu tetap tenang, kita berpolitik riang gembira, dibawa santai aja, dijogetin aja. Kita semua harus tenang," katanya.

Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menghadiri kampanye di GOR Panatayudha, Karawang Timur, Jawa Barat, Sabtu (9/12/2023). Dia mengajak para pendukungnya untuk tidak perlu menanggapi fitnah yang ditujukan kepada Prabowo-Gibran. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Wali Kota Solo itu juga mengingatkan agar tetap bekerja keras, meski Prabowo-Gibran unggul di hasil survei. Gibran mengatakan semua masyarakat harus tetap rukun, meski beda pilihan.

"Kalau ada survei-survei yang angkanya tinggi, kita tetap kerja keras. Kalau surveinya rendah, kita tetap kerja keras juga. Yang penting warganya rukun semua," tutur Gibran.

Gibran mengakui bahwa ini kali pertamanya mengunjungi Kota Karawang. Kendati cuacanya panas, dia menyebut warga Karawang sangat ramah dalam menyambut kedatangannya.

"Panas ya enggak apa-apa. Warganya kan ramah-ramah, kita juga betah disini," ucap Gibran Rakabuming Raka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Momen Gibran Susuri Gang Sempit di Jakarta

Sebelumnya, Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka memasuki gang-gang sempit di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Sabtu (9/12/2023). Kedatangan Gibran untuk memperkenalkan programnya seperti, makan siang dan susu gratis kepada anak-anak.

Gibran mengatakan dirinya bersama capres nomor urut 2, Prabowo Subianto berkomitmen menyediakam makan siang serta susu gratis untuk anak-anak sekolah. Hal ini disampaikan Gibran didepan para warga Cempak Putih Barat Jakarta Pusat.

"Bapak/Ibu sudah pernah dengar program makan siang gratis enggak untuk anak-anak? Ini khusus anak-anak sekolah. Jadi nanti di sekolah akan disediakan makan siang gratis dan susu gratis," jelas Gibran.

"Setuju enggak ibu-ibu ini?," tanya putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Setuju," ucap para warga.

Gibran menekankan pentingnya pemberian makan siang dan susu gratis kepada anak-anak untuk mencegah stunting. Dia meyakini anak-anak yang sehat akan menjadi lebih pintar untuk menyerap pembelajaran dari guru.

"Biar anak-anaknya makin sehat enggak ada yang stunting. Kalau sehat, otomatis anak-anaknya juga pinter, bisa lebih meresap apa yang disampaikan guru-gurunya," kata dia.   

3 dari 4 halaman

Gibran Sebut Makan Siang Gratis Ada di 76 Negara

Wali Kota Solo itu menuturkan bahwa program makan siang gratis untuk anak-anak sekolah sudah ada di 76 negara. Menurut dia, program ini terbukti memiliki efek yang luar biasa untuk menciptakan generasi emas.

"Makan siang gratis itu sudah ada di 76 negara dan efeknya luar biasa sekali. Karena kita nanti mau menuju Indonesia Emas 2045, otomatis harus menyiapkan generasi emasnya. Ya adek-adek ini, yang kecil-kecil ini lho," tutur Gibran.

"Setuju semua ya ibu-ibu ya? Makan siang gratis di sekolah sama susunya juga," imbuh dia.

Selain itu, Gibran juga memastikan program BPJS, Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) tetap akan dilanjutkan. Prabowo-Gibran juga akan menambahkan KIS khusus usia lanjut usia (lansia) dan kartu anak sehat untuk mencegah stunting.

"Dilanjutkan Bu. Dilanjutkan semua. Nanti ditambahkan kartu KIS lansia, ada kartu anak sehat ya untuk yang stunting. Saya yakin di Cempaka Putih enggak ada yang stunting ya, sehat semua ya anak-anaknya ya," kata dia.

 

4 dari 4 halaman

Gibran Tak Masalah Masyarakat Tidak Memilihnya, Asal Rukun

Dia menyebut program kredit seperti, Mekaar, Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang sudah berjalan di pemerintahan saat ini akan terap dilanjutkan. Gibran juga meminta ibuk-ibuk tak khawatir dengan program untuk UMKM.

"UMKM, nanti juga ada inkubasi ya ibuk-ibuk ya. Tenang aja, tenang aja pokoknya kita siapin semua untuk ibu-ibu rumah tangga," tutur Gibran. 

Dia lalu mempersilahkan para warga untuk memilih capres-cawapres pilihan sendiri. Gibran tak masalah apabila warga tak memilihnya, asalkan masyarakat hidup rukun.

"Pokoknya ibuk-ibuk sehat-sehat semua. Pilihannya beda enggak apa-apa yang penting ibu-ibu/bapak-bapak di Cempaka Putih rukun semua," pungkas Gibran.

Dalam kampanye ini, Gibran juga menyapa masyarakat. Dia juga membagi-bagikan susu dan buku tulis kepada para warga dan anak-anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.