Sukses

Anies Baswedan Naik Motor, Sapa Warga Tanah Merah Jakarta Utara

Anies Baswedan disambut riuh warga Tanah Merah yang sudah menunggunya. Dia juga diteriaki warga yang nampak antusias dengan kedatangan Anies.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden (capres) nomor urut satu Anies Baswedan tiba di Tanah Merah, Koja, Jakarta Utara, Selasa (28/11/2023). Anies ke Tanah Merah dalam rangka kick off kampanye Pemilu 2024.

Pantauan Liputan6.com, Anies tiba di Kampung Tanah Merah sekira pukul 09.20 WIB. Saat menyapa warga Tanah Merah, Anies mengendarai sepeda motor dan memboncengi istrinya Ferry Farhati.

Anies disambut riuh warga yang sudah menunggunya tersebut. Dia juga diteriaki warga yang nampak antusias dengan kedatangan Anies.

"Ya Allah Pak Anies, itu Pak Anies," teriak salah seorang warga.

Warga yang melihat kedatangan Anies terlihat beramai-ramai mengikuti ke mana saja Anies pergi. Mereka didominasi ibu-ibu dan anak-anak.

Arak-arakan warga Tanah Merah yang mengikuti Anies itu juga meneriaki Anies presiden. Arak-arakan juga diramaikan dengan pukulan pentungan oleh warga.

"Anies, presiden. Anies presiden," teriak warga.

"Hidup Anies, presiden," teriak warga lainnya.

Tak jarang warga Tanah Merah yang melihat Anies turut memuji paras mantan gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 tersebut.

"Ya Allah Pak Anies, cakepnya. Ya ampun cakep ternyata," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sebelum Mulai Kampanye, Anies Baswedan Sungkem ke Ibunda

Calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan memulai kampanye Pilpres 2024 di Jakarta pada Selasa, (28/11/2023). Sebelum berangkat, Anies bersama istrinya Fery Farhati, ibundanya, Aliyah Rasyid serta anak-anaknya berkumpul di kediamannya di Kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Sebelum berkampanye, Anies Baswedan sungkem dan meminta didoakan oleh sang ibunda. "Mohon doanya mah," ujar Anies kepada ibundanya.

Sang Ibunda kemudian membacakan doa agar perjalanannya menuju Pilpres 2024 lancar. 

Anies kemudian mencium tangan dan pipi ibundanya. Bahkan, terlihat sang putri, Mutiara Annisa memeluk haru sang ayah.

"Tentu karena ada kedekatan emosional dan mereka memang bagian dari perjuangan ini," ucap Anies.

Anies akan memulai kampanye pertamanya di Tanah Merah, Koja, Jakarta Utara. Selain di Jakarta, Anies akan melanjutkan perjalanan ke Bogor, Jawa Barat.

"Jadi kita siap akan berangkat. Tadi kita sarapan sama-sama kebetulan selain ibu saya sedang di sini, orang tuanya Fery, istri, sedang berada di sini, tidak di Kuningan. Jadi kita sama-sama sarapan terus ibu doa sudah siap akan berangkat. Jadi kami akan berangkat ke Tanah Merah," kata Anies.

3 dari 3 halaman

Anies Kampanye di Jakarta-Bogor, Cak Imin di Jawa Timur

Pasangan calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar berbagai tugas kampanye perdana pada Selasa (28/11/2023). Anies memulai di Jakarta dan Bogor sedangkan Muhaimin alias Cak Imin di Jawa Timur.

Anies Baswedan bakal kampanye di Tanah Merah, Jakarta Utara, dan GOR Ciracas, Jakarta Timur. Lalu lanjut ke GOR Pakansari, Bogor, Jawa Barat dan Jembatan Merah Bogor.

Sementara, Cak Imin memulai kampanye di GOR Wringin Rejo, Mojokerto, Jawa Timur, dilanjutkan dengan dialog bersama pedagang pasar di Jembatan Merah Plaza, Surabaya, dan olahraga bersama warga di Sidoarjo. Diakhiri dengan makan malam dan dialog bersama PKL di Taman Bungkul, Surabaya.

Anies dan Cak Imin memang membagi tugas dalam menggarap suara warga. Kapten Timnas Pemenangan AMIN Muhammad Syaugi mengatakan, Anies memulai dengan fokus di Jakarta karena merupakan mantan gubernur.

"Ya kan karena ini kalau Pak Capres itu relatif banyak massanya di sini," kata Syaugi di kediaman Anies, Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (28/11).

Sementara, Cak Imin yang merupakan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memiliki massa pendukung yang besar di Jawa Timur.

"Kalau Cak Imin ini kan sebagai Ketum PKB punya massa banyak di Jatim, jadi itu sudah dibagi," jelasnya.

Akan ada saatnya Anies dan Cak Imin kampanye bersama-sama. Saat ini masih fokus membagi tugas garapan.

"Nanti mungkin ada masanya di saat kapan akan berdua, tapi sekarang belum begitu," jelas Syaugi.

Setiap harinya, Anies dan Cak Imin bakal bertemu. Untuk melakukan evaluasi kampanye yang sudah dilakukan keduanya.

"Jadi begitu setiap hari itu akan kembali ke Jakarta, jadi beliau-beliau itu akan komunikasi, mengevaluasi, pertemuan dengan masyarakat seperti yang selama ini dilakukan akan dilakukan," jelas Syaugi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini