Sukses

Datangi Rumah Buruh di Tangerang, Ganjar Janji Akan Perjuangkan Hak-hak Buruh

Ganjar berbicara kepada masyarakat dan buruh menggunakan toa. Ganjar mengaku sudah mendengar apa yang menjadi pikiran, perasaan, dan disampaikan dengan sangat jelas sekali oleh buruh.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden (Capres) Ganjar Pranowo menyambangi rumah Putra Ajiyantoro salah seorang buruh Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) di Jalan Mustika, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang pada Jumat (17/11/2023).

Turut mendampingi Ganjar, Sekjen Relawan Buruh Sahabat Ganjar Mustopo, Ketua Relawan Buruh Sahabat Ganjar Provinsi Banten Ahmad Supriadi, dan Ketua Umum Ganjar Muda Indonesia (GMI) Evan Lanell Wea.

Dikutip dari keterangan tertulis, Ganjar masuk ke dalam rumah buruh untuk berkonsolidasi dan mendengarkan keluhan mereka.

Usai berdialog, Ganjar berbicara kepada masyarakat dan buruh menggunakan toa. Ganjar mengaku sudah mendengar apa yang menjadi pikiran, perasaan, dan disampaikan dengan sangat jelas sekali oleh buruh.

"Kami sangat senang ketika kawan-kawan buruh menyadari posisi masing-masing. Ada regulasi yang harus direvisi, ada dialog yang harus dilakukan dan ada komunikasi yang dibangun intens," kata Ganjar, Sabtu (18/11/2023).

Menurut Ganjar, tugas Pemerintah yakni memfasilitasi pertemuan dengan para buruh. Sehingga, seluruh ide dan gagasan bisa diformulasikan dan saling menguntungkan.

Ganjar mengungkapkan, ada empat poin utama pembicaraan dengan buruh. Pertama, bagaimana kepastian buruh bekerja. Kedua, bagaimana kenyamanan buruh bekerja. Ketiga, ada aturan yang jelas seandainya terjadi PHK bagi buruh. Terakhir, apa yang harus dilakukan Pemerintah saat buruh kena PHK.

"Inilah inisiatif Pemerintah yang harus diambil. Tadi saya mendapatkan masukan banyak maka saya titip ke buruh ini ada kesempatan untuk memformulasikan aturan, konsep yang diinginkan, merumuskan kebijkaan, sehingga bertemulah kita dalam sebuah kesepakatan," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siap All Out Menangkan Ganjar-Mahfud

Sementara itu, Mustopo mengatakan, KSPSI sebagai konfederasi buruh terbesar dengan jutaan anggota di Indonesia melalui sayap pemenangan Relawan Buruh Sahabat Ganjar dipastikan all out memenangkan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam Pilpres mendatang.

"Hari ini Mas Ganjar datang ke Tangerang setelah sebelumnya ke rumah buruh di Bandung Barat. Selanjutnya kami akan ajak ke Sumedang, Bandung, dan Cimahi ke basis-basis buruh, sehingga bisa mendengar aspirasi buruh," katanya.

Mustopo menuturkan, aksi all out ini dibuktikan dengan telah dideklarasikannya Relawan Buruh Sahabat Ganjar di 12 provinsi di antaranya Jawa Barat, Sumatera Utara, Banten, Jawa Timur, Lampung, Sumatera Selatan, Papua, Jawa Tengah, Papua, Kalimantan Selatan, Maluku, dan Riau.

 

3 dari 3 halaman

Deklarasi Buruh di Luar Negeri

Diluar negeri telah deklarasi di Hong Kong dan Macau. Selanjutnya, Relawan Buruh Sahabat Ganjar juga akan deklarasi di Malaysia dan Singapura.

Ia memastikan Ganjar sudah sejak dulu dekat dengan buruh bukan saat mau Pilpres saja. Ia mencontohkan, Ganjar berani menemui massa buruh saat unjuk rasa. Hal ini berbeda dengan kepala daerah lainnya.

Mustopo juga meminta kepada Ganjar Pranowo untuk merubah sistem pengupahan dengan kembali menggunakan survei Kebutuhan Hidup Layak (KHL). Formula tersebut dianggap lebih memenuhi rasa keadilan buruh dan tidak ada ketimpangan upah antar wilayah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.