Sukses

Deputi V KSP Jaleswari Pramodhawardani Masuk Tim Penenangan Ganjar-Mahfud

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid, mengumumkan kedeputian baru yaitu Deputi Inklusi yang berisi para perempuan.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid, mengumumkan kedeputian baru yaitu Deputi Inklusi yang berisi para perempuan.

Deputi Inklusi TPN Ganjar-Mahfud Md akan dipimpin oleh Jaleswari Pramodhawardani. Dani, sapaan akrab Jaleswari adalah Deputi V Bidang Politik, Hukum, Keamanan, Pertahanan dan Hak Asasi Manusia di Kantor Staf Presiden (KSP).

Arsjad menegaskan keberadaan Deputi Inklusi adalah bentuk komitmen TPN Ganjar-Mahfud untuk menyertakan semua kelompok atau individu dalam membangun bangsa, termasuk perempuan.

"TPN Ganjar-Mahfud hari ini kedatangan para perempuan hebat yang aktif di berbagai bidang mulai dari Politik, Demokrasi, Anti Korupsi hingga isu Lingkungan," kata Arsjad Rasjid, usai Rapat TPN di Gedung High End, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, (15/11/2023).

Menurut Arsjad Rasjid, kehadiran teman-teman perempuan hebat ini tentu menjadi suntikan energi baru bagi TPN Ganjar-Mahfud.

Tidak hanya untuk pemenangan, namun juga untuk memperjuangkan nilai-nilai, menyelamatkan demokrasi seperti yang disampaikan capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dalam pidatonya di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa malam (14/11/2023).

"Kami percaya perempuan memiliki peran yang besar dalam membangun Indonesia ke depan," kata Arsjad.

Pada kesempatan itu, Arsjad juga menjelaskan, TPN Ganjar-Mahfud kembali mengadakan rapat rutin bersama dengan pimpinan partai politik dan Tim Pemenangan Daerah (TPD) yang terus bekerja dan bersama-sama memenangkan pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md di pilpres 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

TPN Ganjar-Mahfud Minta Rakyat Waspadai Kecurangan Pilpres 2024

Arsjad mengatakan, TPN Ganjar-Mahfud optimistis, terutama setelah mendapatkan nomor urut 3 yang sudah dilakukan oleh KPU.

"Alhamdulillah, nomor urut Paslon sudah didapat, dua minggu lagi kami akan memasuki masa kampanye," kata Arsjad Rasjid.

Menurut Arsjad, masa kampanye merupakan masa yang menyenangkan, tapi juga masa di mana semua harus waspada atas berbagai bentuk kecurangan dan kelicikan.

"Ini serius karena kita semua tahu, di awal masa pencalonan pun sudah ada yang berani melakukan kecurangan. Mari kita awasi semua tahapan dan jalannya pilpres agar tidak terjadi kecurangan," kata Arsjad.

Arsjad mengajak semua pihak menjalani pilpres dan pemilu 2024 dengan baik, jujur, adil dan baik. Sebab semua yang baik adalah untuk hasil yang baik.

"Pasangan Ganjar-Mahfud adalah sosok baik untuk niat dan awalan yang baik, insyaallah jalan dan hasilnya nanti pun juga baik," pungkas Arsjad.

3 dari 4 halaman

Ganjar Minta Rakyat Laporkan jika Ada Praktik Kecurangan Pilpres 2024

Sebelumnya, capres Ganjar Pranowo mengajak semua pihak untuk mengawal demokrasi dalam ajang pilpres 2024 agar berjalan jujur dan adil. Termasuk menjauhkannya dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme alias KKN.

"Perjalanan demokrasi ini memang kadang-kadang lurus, kadang-kadang berliku seperti aliran air. Tapi percayalah, air yang mengalir itu dia akan mengikuti arah batinnya," ujar Ganjar Pranowo di KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2023).

Menurut capres yang diusung oleh PDIP, PPP, Hanura, Perindo itu, aliran air tidak akan bisa dibendung dengan cara apa pun. Apabila dipaksakan, maka air akan tetap mencari jalan hingga tiba di muara.

"Muara itulah muara demokrasi yang hari ini kita idam-idamkan. Dan tentu saja, inilah kesepakatan yang mesti kita jaga," jelas dia.

"Setelah ini kita mesti bisa memastikan bahwa arah reformasi mesti kita tuntaskan. Demokrasi yang berjalan jurdil, situasi yang bisa berjalan pada rel dan kita selenggarakan dengan betul-betul membawa integritas yang jauh, jauh sekali dari unsur KKN, harus kita pastikan," tegas Ganjar.

Hal itu menurut Ganjar merupakan amanat reformasi dan konstitusi yang saat ini dipegang teguh bangsa Indonesia. Tentunya, kata Ganjar, semua pihak harus dapat menyelamatkan demokrasi yang menjadi identitas bangsa ini.

"Diam itu bukanlah pilihan. Bicara, ungkapkan, dan laporkan praktik-praktik tidak baik yang akan mencederai demokrasi," Ganjar menandaskan.

4 dari 4 halaman

Nomor Urut Capres-Cawapres: Anies-Muhaimin 1, Prabowo-Gibran 2, Ganjar-Mahfud 3

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melakukan pengundian nomor urut untuk pasangan capres-cawapres 2024 di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat pada Selasa malam (14/11/2023).

Hasilnya, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskadar (Cak Imin) mendapatkan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendapat nomor urut 2, dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md mendapat nomor 3.

Dalam pengundian nomor urut capres-cawapres ini, KPU menggunakan mekanisme dua tahap. Pertama, adalah pengambilan nomor antrean untuk mengambil nomor urut dilakukan oleh cawapres.

Cawapres yang mengambil nomor urut pertama adalah Muhaimin Iskandar karena ia melakukan pendaftaran pertama ke KPU, disusul oleh Mahfud Md di urutan kedua, dan Gibran di urutan ketiga.

Setelah itu, pengambilan nomor urut pasangan calon dilakukan oleh capres. Anies menjadi capres pertama yang mengambil, disusul Ganjar, dan kemudian Prabowo.

KPU RI telah menetapkan masa kampanye pemilu yang akan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

Tiga pasangan capres-cawapres yang berkompetisi dalam pilpres 2024 itu yakni, Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Kemudian, Ganjar-Mahfud yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Selanjutnya, pasangan Prabowo-Gibran yang diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta pemilu 2024.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.