Sukses

Dapat Nomor Urut 3, Pendukung: Metal, Ganjar-Mahfud Menang Total

Pasangan capres-capres Ganjar Pranowo dan Mahfud Md mendapatkan nomor urut 3 sebagai peserta Pilpres 2024. Hal itu disambut baik oleh para pendukung Ganjar-Mahfud.

Liputan6.com, Jakarta - Salam Metal! Menang Total! Teriakan dukungan langsung bergema di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta saat Capres 2024 Ganjar Pranowo mengangkat nomor urut tiga, Selasa (14/11/2023) malam. Mereka pun juga langsung mengacungkan tiga jari sebagai tanda metal alias menang total.

"Metal! Ganjar-Mahfud menang total. Ganjar Mahfud nomor tiga. Nggak ada lawan," teriak ribuan pendukung Ganjar Mahfud yang menanti di luar Gedung KPU, seperti dikutip dari keterangan pers, Rabu (15/11/2023).

Mereka lalu menyanyikan lagu dukungan untuk angka tiga, mulai dari lagu dangdut hingga lagu anak dinyanyikan dengan lirik yang disesuaikan untuk mendukung pasangan Ganjar Mahfud. Lagu tersebut semakin meriah dengan alunan alat musik angklung.

"Nomor tiga siapa yang punya, nomor tiga siapa yang punya, nomor tiga siapa yang punya, yang punya Ganjar Mahfud," nyanyi mereka kompak.

Ada juga lagu andeca-andeci, ikan dalam kolam, hingga satu satu aku sayang Ganjar yang dinyanyikan dalam kesempatan itu. Meski badan basah kuyup usai kehujanan, namun semangat mereka tetap tidak luntur.

"Senang sekali pak Ganjar Mahfud dapat nomor urut tiga. Tiga itu artinya metal, menang total. Semoga pak Ganjar Mahfud menang satu putaran," ucap Naya (17) salah satu pendukung Ganjar.

Naya dan puluhan teman-teman muda lainnya mengaku sengaja datang ke KPU untuk memberi dukungan pada Ganjar-Mahfud. Meski hujan, ia tetap bertahan demi memperjuangkan dukungannya.

"Kami anak muda pasti dukung pak Ganjar dan pak Mahfud. Demi Indonesia lebih maju lagi," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pendukung Puas Ganjar-Mahfud Dapat Nomor 3

Hal senada disampaikan A Tobing, pendukung Ganjar lainnya. Ia mengaku sangat puas dengan nomor urut tiga yang didapatkan pasangan Ganjar Mahfud.

"Ini pas banget, sesuai yang kami harapkan. Ganjar Mahfud menang total. Tiga ini simbol metal, artinya menang total. Pokoknya Ganjar Mahfud menang total satu putaran," ucap Tobing.

Sampai larut malam ribuan pendukung Ganjar tetap bertahan di depan kantor KPU. Mereka bersatu dengan pendukung Ganjar Mahfud dari berbagai komunitas dan kelompok untuk bernyanyi dan bersuka cita bersama merayakan Ganjar Mahfud mendapatkan nomor urut tiga.

Salah satu di antara ribuan pendukung Ganjar-Mahfud terlihat penyanyi kenamaan, Once Mekel. Dia pun turut bernyanyi bersama ribuan pendukung Ganjar lain untuk memberikan semangat dan merayakan Ganjar-Mahfud mendapat nomor urut tiga.

"Ini pas sekali nomor urutnya. Metal, pak Ganjar kan memang metal. Metal juga bisa diartikan menang total. Hanya Ganjar Mahfud yang pantas memimpin negeri ini," ucap Once menandasi.

3 dari 3 halaman

Ganjar: Demokrasi Harus Jauh dari KKN

Calon presiden (capres) Ganjar Pranowo mengajak semua pihak untuk mengawal demokrasi dalam ajang pemilihan presiden (pilpres) 2024 agar berjalan jujur dan adil. Termasuk menjauhkannya dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme alias KKN.

"Perjalanan demokrasi ini memang kadang-kadang lurus, kadang-kadang berliku seperti aliran air. Tapi percayalah, air yang mengalir itu dia akan mengikuti arah batinnya," ujar Ganjar Pranowo di KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2023).

Menurut capres yang diusung oleh PDIP, PPP, Hanura, Perindo itu, aliran air tidak akan bisa dibendung dengan cara apa pun. Apabila dipaksakan, maka air akan tetap mencari jalan hingga tiba di muara.

"Muara itulah muara demokrasi yang hari ini kita idam-idamkan. Dan tentu saja, inilah kesepakatan yang mesti kita jaga," jelas dia.

"Setelah ini kita mesti bisa memastikan bahwa arah reformasi mesti kita tuntaskan. Demokrasi yang berjalan jurdil, situasi yang bisa berjalan pada rel dan kita selenggarakan dengan betul-betul membawa integritas yang jauh, jauh sekali dari unsur KKN, harus kita pastikan," tegas Ganjar.

Hal itu menurut Ganjar merupakan amanat reformasi dan konstitusi yang saat ini dipegang teguh bangsa Indonesia. Tentunya, kata Ganjar, semua pihak harus dapat menyelamatkan demokrasi yang menjadi identitas bangsa ini.

"Diam itu bukanlah pilihan. Bicara, ungkapkan, dan laporkan praktik-praktik tidak baik yang akan mencederai demokrasi," Ganjar menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.