Sukses

Prabowo Dikabarkan Kena Stroke hingga Dua Kali, Begini Tanggapan Gerindra

Wakil Ketua Partai Gerindra Budi Satrio Djiwandono membantah kabar yang menyebutkan Prabowo Subianto pernah terkena penyakit stroke hingga dua kali.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Partai Gerindra Budi Satrio Djiwandono membantah kabar yang menyebutkan Prabowo Subianto pernah terkena penyakit stroke hingga dua kali.

Diketahui, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis, 26 Oktober 2023.

"Tidak betul, tidak betul, sangat tidak betul (kabar bahwa Pak Prabowo kena stroke 2 kali)," tegas Budi kepada wartawan di RSPAD Jakarta.

Budi mengungkapkan hasil pemeriksaan kesehatan Prabowo-Gibran yang dijalani sejak pukul 07.00 WIB di RSPAD.

"Seperti kita ketahui, Pak Prabowo dari pagi bersama Mas Gibran juga menjalankan tes kesehatan. Dimulai jam 7, sekarang juga masih berlangsung. Alhamdulillah berjalan dengan lancar, keduanya sangat sehat, sangat fit," kata Budi.

Untuk kondisi Ketua Umum Partai Gerindra itu disebutnya sangat bugar. Hal ini karena Prabowo biasa melakukan aktivitas olahraga dalam kesehariannya.

"Olahraga berenang. Setiap hari juga minum cengkeh, minum teh, kunyit dan sampai sekarang tes masih berjalan. Kalau tidak salah lagi menjalankan tes wawancara dan sudah dilaksanakan kegiatan ambil darah," kata Budi.

"Tadi malam kalau tidak salah juga biasa saja 12 jam puasa untuk tes kesehatan, dan nanti dilanjutkan insyaallah bakal selesai jam 4 sore," sambungnya.

Budi menjelaskan, untuk menjalani proses pemeriksaan kesehatan, Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka tidak memiliki persiapan apa pun.

"Paling hanya puasa saja. Kalau tidak salah mulai jam 7 malam harus puasa 12 jam, kecuali boleh minum air. Saya rasa itu yang sangat biasa, tidak ada yang khusus," jelasnya.

"Sangat sehat, sangat fit, dan sangat senang. Kemarin alhamdulillah juga kita telah menjalankan pendaftaran dengan baik dan berkas diterima dengan sempurna, dan moga-moga ini bisa menjadi semangat kader-kader bekerja ke depan," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Prabowo Rajin Jaga Kesehatan

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani yang ikut mengawal tes kesehatan itu mengaku optimis, Prabowo bisa lulus dari tes karena kebugaran fisiknya ditunjang dari aktivitas olahraga rutin dan konsumsi produk herbal. Sebab, kata Muzani, Prabowo adalah orang yang memperhatikan kesehatan.

"Beliau orang yang sangat rajin dalam menjaga kesehatan, misalnya rajin berenang hampir setiap hari. Kemudian beliau selalu mengonsumsi herbal seperti bawang putih, jamu-jamuan, kunyit, bahkan beliau rajin meminum teh cengkeh," tutur Muzani di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, Kamis (26/10/2023).

"Beliau sangat rajin mengonsumsi ramuan tradisional yang merupakan peninggalan orang tua kita," tutur Muzani.

3 dari 4 halaman

Indonesia akan Memiliki Presiden yang Kuat dan Bugar

Karena itu, Muzani percaya saat Prabowo kelak bisa memenangkan kontestasi pilpres 2024 maka Indonesia akan memiliki sosok presiden yang kuat, bugar dan terjamin kesehatannya di tahun 2024.

"Kondisi fit, sehat, lahir dan batin dan siap untuk memasuki babak kampanye dan babak pemilihan dalam pemilihan presiden dan wakil presiden 14 Februari 2024. Jadi insyaallah semuanya dalam keadaan fit dan sehat wal afiat," Muzani menandaskan.

 

4 dari 4 halaman

Prabowo-Gibran Jalani tes Kesehatan Selama 10 Jam

Bakal calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta.

Usai tiba, keduanya langsung berganti baju dengan setelan khusus tes medical check up (MCU).

Kepala RSPAD Gatot Soebroto Albertus Budi Sulistya sebelumnya mengatakan, keduanya akan menjalani tes pemeriksaan kesehatan selama delapan hingga 10 jam. Artinya, jika masuk sejak pukul 7 pagi, keduanya diperkirakan selesai pada sore hari nanti.

"Ya, rangkaian pemeriksaan antara 8 sampai 10 jam," jelas Albertus.

Albertus memastikan, tes kesehatan kepada Prabowo-Gibran akan dijalankan sesuai standar prosedur yang sama seperti dua bakal calon presiden lain yang telah lebih dulu diperiksa yaitu pasangan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.

"Sama dengan yang lalu, standar pemeriksaan tim pemeriksa alat pemeriksaan semua diperlakukan sama sehingga hasilnya pun harus standar," jelas dia.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.