Sukses

KPU: Pemeriksaan Kesehatan Prabowo-Gibran Dilakukan Kamis 26 Oktober 2023

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi mendaftar sebagai pasangan bakal Capres-Cawapres di KPU, Rabu (25/10/2023). Selanjutnya, Prabowo-Gibran dijadwalkan akan menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta pada Kamis, 26 Oktober 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Hasyim Asy’ari secara resmi telah menerima pendaftaran, bakal calon presiden dan wakil presiden (Capres-Cawapres) dari kandidat Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Menurut Hasyim, usai resmi mendaftar sebagai pasangan bakal Capres-Cawapres, Prabowo dan Gibran langsung dijadwalkan untuk menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta pada Kamis 26 Oktober 2023.

“Selanjutnya bakal paslon akan dilakukan pemeriksaan kesehatan untuk bakal pasangan calon Pak Prabowo dan Mas Gibran akan dilakukan besok Kamis 26 Oktober jam 7 pagi di RSPAD Gatot Subroto Jakarta,” kata Hasyim di Kantor KPU RI Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Hasyim menjelaskan, rangkaian pemeriksaan sepenuhnya dilaksanakan oleh tim pemeriksaan RSPAD Gatot Subroto. Berkaca pada dua kandidat sebelumnya yakni Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud pemeriksaan dilakulan selama seharian penuh.

Hasyim menambahkan, berdasarkan catatan di daftar silon, berkas Prabowo-Gibran dinyatakan lengkap. Selanjutnya berkas tersebut akan diverifikasi oleh tim KPU.

“Berdasarkan informasi dari tim di Kesekjenan KPU melalui silon, dokumen syarat calon Prabowo-Gibran dinyatakan lengkap,” ungkap Hasyim.

Sebagai informasi, pemeriksaan dan verifikasi berkas akan dilakukan sejak masuk per hari ini. Hasil verifikasi akan diumumkan tim KPU RI secara bersama dengan pasangan capres-cawapres lainnya pada 13 November 2023 mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pidato Pertama Gibran Sebagai Cawapres Prabowo

Gibran Rakabuming Raka menyampaikan pidato pertamanya usai didapuk menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto.

Gibran Rakabuming Raka pun membuka dengan pernyataan menenangkan untuk seluruh Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan para pendukung.

"Tenang saja Pak Prabowo, tenang saja Pak Prabowo, saya sudah ada di sini," ujar Gibran di Gedung Indonesia Arena Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Gibran kemudian menyapa seluruh ketua umum partai pendukung dari KIM, antara lain Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, PBB, Partai Garuda, dan Partai Gelora. Namun untuk Ketum PSI Kaesang Pangarep, ada tambahan yang menggelitik para pendukung.

"Yang paling saya sayangi Ketua Umum PSI," kata Gibran Rakabuming Raka. 

3 dari 5 halaman

Langsung Pamer Program Unggulan

Gibran Rakabuming Raka menyampaikan pidato pertamanya di hadapan para pendukungnya sebagai bakal calon wakil presiden (Bacawapres) untuk bakal calon presiden (Bacapres) Prabowo Subianto. Tanpa basa basi, Gibran langsung menyampaikan program kerja bila menang Pilpres 2024.

“Mohon izin Pak Prabowo, saya ingin membocorkan beberapa program unggulan,” tutur Gibran saat deklarasi Capres-Cawapres 2024 di Indonesia Arena GBK, Senayan, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Gibran mengutarakan niatnya menyampaikan program kerja lantaran yakin bahwa berbagai program yang sudah berjalan selama pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah membawa Indonesia ke pintu gerbang kemajuan.

“Hal-hal yang terkait anak-anak muda, generasi milenial, generasi Z, dan jangan lupa para santri, pasti kita dukung penuh. Kita butuh generasi muda yang handal, generasi muda yang tangguh, generasi muda yang memiliki komitmen kuat,” jelas dia.

Beberapa program kerja yang akan diwujudkan antara lain Dana Abadi Pesantren, Kredit Startup Milenial, KIS Lansia, Kartu Anak Sehat, dan Hilirisasi Industri.

“Saya yakin keberlanjutan dan konsistensi adalah modal kita untuk melompat lebih jauh menuju Indonesia emas,” kata Gibran Rakabuming Raka menandaskan. 

4 dari 5 halaman

Usai Gibran Pidato, Prabowo: Enggak Salah Kan Pilihan Aku?

Bakal calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka menyampaikan pidato sebelum mendaftakan diri ke KPU bersama Prabowo Subianto bersama para ketua umum parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Dalam paparannya, Gibran sedikit membocorkan sejumlah program -program yang akan dia laksanakan bersama Prabowo bila terpiloh menjadi presiden dan wakil presiden . 

Usai Gibran menyampaikan pidatonya, Prabowo memuji Gibran dan  meyakinkan bahwa pilihannya terhadap Gibran sebagai cawapres tidak salah.

"Enggak salah kan pilihan aku ? Paten enggak ? Paten enggak wakil presiden kita ? Terlalu muda enggak ?..” ucap Prabowo. 

“Enggak..” jawab sejumlah peserta pendukung yang hadir. 

"Gue terlalu tua enggak ?..” tanya Prabowo lagi. 

"Enggak..” jawab hadirin. 

Usai pidato Gibran, acara kemudian ditutup dengan doa bersama mengiringi Prabowo -Gibran yang akan mendaftarkan diri ke KPU.

Doa tersebut dipimpin oleh Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Habib Luthfi bin Yahya.   

5 dari 5 halaman

Didoakan Habib Luthfi

Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya secara terang dan jelas memberikan dukungan penuh kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden (Capres-Cawapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Menurut Habib Luthfi, Prabowo tidak salah memilih putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu sebagai wakilnya.

“Saya ucapkan terima kasih, tepat pilihan Pak Prabowo mengangkat Mas Gibran sebagai wakil presiden,” kata Habib Luthfi di Indonesia Arena GBK, Senayan, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Habib Luthfi kemudian bercerita, dirinya sempat ditanya bagaimana ketika wakil presidennya adalah sesosok anak muda. Dengan tegas, Habib Luthfi pun menjawab tidak ada keraguan soal itu. Sebab Indonesia memiliki Gibran Rakabuming Raka.

“Bib bagaimana sih wakil presidennya masih muda? Saya jawab, gampang memberikan kesempatan generasi muda untuk maju ke depan, kita punyai Mas Gibran,” ucap Habib Luthfi.

Habib Luthfi meyakini, dengan cara tersebutlah Indonesia bisa semakin maju ke depan meraih cita-citanya menjadi Indonesia Emas 2045.

“Itu cara mengangkat kaum muda ke depan sehingga menjadi Indonesia emas, terimkasih mari kita berdoa bersama,” doa Habib Luthfi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.