Sukses

AMPI Dukung Penuh Putusan Rampinas Golkar Calonkan Gibran Jadi Cawapres

Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Jerry Sambuaga mengatakan, pihaknya mendukung hasil Rapimnas Golkar yang mendukung Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden untuk Prabowo Subianto di Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Jerry Sambuaga mengatakan, pihaknya mendukung hasil Rapimnas Golkar yang mendukung Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden untuk Prabowo Subianto di Pemilu 2024.

Dia menuturkan, keputusan Rapimnas Golkar tersebut menjadi angin segar bagi kiprah politik kaum muda. 

"Ini angin segar bagi politik Indonesia. Pada tahun 2019 Presiden Jokowi mulai membuka kesempatan bagi Anak muda untuk menempati jabatan setingkat Menteri. Sekarang Partai Golkar turut mendukung terbukanya kesempatan bagi Anak muda di bawah 40 tahun ikut dalam kontestasi pemilihan Presiden dan wakil Presiden" Kata Jerry dalam keterangannya, Selasa (24/10/2023).

Dia pun mengapresiasi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, yang mendukung anak muda untuk maju memimpin bangsa ini.

"Sebagaimana dikemukakan Pak Prabowo dan Ketum Airlangga, bahwa kita punya track record bagus di masa lalu dalam hal kepemimpinan Anak muda. Ada Pak Sutan Syahrir yang Jadi Perdana Menteri pada usia 40 tahun. Ayah dari Pak Prabowo bahkan Jadi Menteri pada usia sekitar 30an. Jadi ini bukan hal yang Baru," ungkap Jerry.

Karenanya, lanjut dia, AMPI dari pusat sampai daerah bahkan cabang luar negeri akan mengawal sepenuhnya hasil Rapimnas tersebut.

Menurut Jerry, ia sudah menginstruksikan semua pengurus dan anggota AMPI untuk mengawal dan memenangkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Anggota AMPI ada di kalangan pejabat baik di pusat maupun daerah, [engusaha, pimpinan dan tokoh masyarakat maupun lembaga swadaya masyarakat dan juga ada di akar rumput. Kami akan gerakkan kekuatan potensial kami demi mengawal dan memenangkan Capres dan Cawapres yang didukung Partai Golkar," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gibran Diumumkan Langsung oleh Prabowo

Sebelumnya, bakal calon presiden (Bacapres) Prabowo Subianto mengumumkan sendiri bakal calon wakil presiden (Bacawapres) yang akan mendampinginya sebagai di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Prabowo menyebut, nama Gibran Rakabuming Raka yang akan menjadi calon wakil presiden dari dirinya. Keputusan tersebut telah disepakati secara aklamasi oleh partai Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Kita sudah sepakat mengusung saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju,” kata Prabowo di Rumah Kertanegara Jakarta, Minggu (22/10/2023).

Prabowo mengatakan, keputusan itu diambil usai rapat bersama seluruh ketua umum KIM. Menurut dia, tidak ada sengketa dari keputusan tersebut karena diputuskan secara aklamasi.

“Ini keputusan aklamasi bulat dan konsensus untuk Indonesia maju,” tegas Prabowo.

 

3 dari 3 halaman

Gibran Terima Diusulkan Jadi Cawapres Prabowo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menerima keputusan Rapimnas Golkar yang mengusulkannya menjadi calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto.

Gibran mengatakan, akan segera koordinasi dan tindaklanjuti keputusan Rapimnas Golkar tersebut dengan Prabowo.

"Saya sangat apresiasi keputusan Rapimnas untuk selanjutnya akan kami koordinasikan akan kami tindaklanjuti dengan Pak Prabowo," ujar Gibran di kantor DPP Golkar, Sabtu (21/10/2023).

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto telah menyerahkan surat rekomendasi hasil Rapimnas kepada Gibran. Surat itu merupakan deklarasi dukungan Golkar terhadap pasangan Prabowo-Gibran.

Gibran menyampaikan terima kasih atas dukungan Golkar kepada dirinya.

"Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada keluarga besar Golkar," kata putra sulung Presiden Joko Widodo itu.

Sementara itu Gibran masih bungkam tentang status kepartaiannya. Namun, sebelumnya dikabarkan Gibran akan menjadi ketua umum AMPI, organisasi sayap kepemudaan Partai Golkar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.