Sukses

Kenalkan Pasangan Ganjar-Mahfud, Relawan Buruh Gelar Ketoprak Tobong

Relawan Buruh Sahabat Ganjar kembali menggelar pentas seni pertunjukan Ketoprak Tobong di Lapangan Trihanggo Gamping Sleman, Jawa Tengah, Minggu 22 Oktober 2023 malam.

Liputan6.com, Jakarta - Relawan Buruh Sahabat Ganjar kembali menggelar pentas seni pertunjukan Ketoprak Tobong di Lapangan Trihanggo Gamping Sleman, Jawa Tengah, Minggu 22 Oktober 2023 malam.

Pagelaran ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan setelah sebelumnya pentas perdana digelar di Lapangan Panjatan Kulon Progo pada Minggu 15 Oktober 2023 lalu.

Ribuan warga Sleman dan sekitarnya tumpah ruah memenuhi Lapangan Trihanggo. Mereka datang menyaksikan Ketoprak Tobong gratis tanpa dipungut biaya.

Acara tersebut turut dihadiri Ketua Umun Relawan Buruh Sahabat Ganjar sekaligus Wakil Ketua Umum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Andi Gani Nena Wea, Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa, jajaran pengurus Dewan Pimpinan Daerah PDIP Daerah Istimewa Yogyakarta, dan lainnya.

Andi Gani mengatakan, pertunjukan Ketoprak Tobong ini selain memberikan hiburan juga sebagai ajang silaturahmi ke masyarakat untuk mengenalkan sosok Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

"Tidak hanya melestarikan budaya lewat Ketoprak Tobong, kami ingin masyarakat juga makin mengenal pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebagai pemimpin Indonesia selanjutnya," kata Andi Gani Senin (23/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beri Edukasi Masyarakat

Menurutnya, Ketoprak Tobong ini merupakan kesenian lokal yang masih cukup efektif sebagai sarana hiburan sekaligus edukasi masyarakat.

Apalagi, menghadapi tahun politik 2024 ini, masyarakat rentan terpecah belah akibat informasi-informasi sepihak yang tak jelas sumbernya. Perpecahan di masyarakat itu jika terjadi bisa berdampak negatif.

"Dari gelaran ketoprak ini kami mengajak masyarakat untuk menghadapi pesta demokrasi dengan riang gembira dan tertib," ujarnya.

Terkait Prabowo Subianto yang menggandeng Gibran Rakabuming Raka, Andi Gani mengaku tetap yakin Ganjar Pranowo dan Mahfud MD bisa tetap menang satu putaran.

Andi Gani memastikan Ganjar-Mahfud sudah siap menghadapi siapapun dalam Pilpres 2024 termasuk Gibran.

"Kami sudah sangat siap menghadapi dalam proses demokrasi yang fair dan adil," tegasnya.

3 dari 3 halaman

Rapatkan Barisan Pendukung

Dia mengingatkan agar seluruh partai pendukung dan relawan Ganjar-Mahfud merapatkan barisan serta bekerja keras. "Kami tetap yakin bisa menang satu putaran dengan kerja keras dari seluruhnya," ucapnya.

Sementara, Pimpinan Produksi Pentas Ketoprak Tobong Suryo Bawono Widihasto Wasana Putra mengatakan, pementasan ketoprak melibatkan sejumlah seniman terkemuka yakni Marwoto Kawer, Yati Pesek, Dalijo, Yu Beruk, Rini Wudiastuti, Hargi Sundari, Santoso, Mijanto.

Mereka adalah para pemain yang sudah puluhan tahun malang melintang dalam panggung seni pertunjukan ketoprak.

Setelah Lapangan Trihanggo Gamping Sleman, selanjutnya Relawan Buruh Sahabat Ganjar akan menggelar Ketoprak Tobong di Cemplung Kidul Tamantirto Kasihan Bantul pada Minggu (5/11) dan pentas pungkasan pada Minggu (12/11) di Lapangan Tamanmartani Kalasan, Sleman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.