Sukses

PAN Bantah Ada Perdebatan di KIM Usai Deklarasi Gibran sebagai Cawapres Prabowo

Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) membantah ada ketegangan dan perdebatan di Koalisi Indonesia Maju (KIM) usai Ketua Umum Partai Gerindra memutuskan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi Cawapres KIM.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) membantah ada ketegangan dan perdebatan di Koalisi Indonesia Maju (KIM) usai Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memutuskan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden (Cawapres) KIM.

Menurutnya, semua parpol KIM bertekad bekerja keras untuk memenangkan pasangan Prabowo-Gibran.

"Tidak benar ada ketegangan. Tidak ada perdebatan. Tidak ada selisih pendapat. Isu itu sengaja dihembuskan pihak lain. Wajar saja, dalam pertarungan politik yang dinamis seperti ini, banyak yang merasa kepentingannya terganggu," kata Saleh dalam keterangannya, Senin (23/10/2023).

Saleh mengatakan, penetapan Gibran secara bulat sebagai cawapres diyakini akan membawa dampak elektoral yang signifikan. Terbukti, banyak relawan dari berbagai kalangan telah mendeklarasikan dukungan.

"Banyak harapan yang dititipkan kepada Gibran agar kepentingan sosial politik anak-anak muda dapat disalurkan," kata Saleh.

Dia menambahkan, KIM mendesain proses penetapan capres -cawapres ini secara mudah dan sederhana. Setelah dimusyawarahkan tadi malam, tahap selanjutnya adalah pendaftaran di KPU.

"Ada waktu dua hari untuk melengkapi seluruh berkas," tutup Saleh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gibran Resmi Jadi Cawapres Prabowo

Diberitakan sebelumnya, Koalisi Indonesia Maju (KIM) telah resmi mengumumkan nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal cawapres untuk mendampingi bakal capres Prabowo Subianto.

Pengumuman Gibran itu disampaikan langsung Prabowo didampingi para ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Maju di kediamannya Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

"Seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres KIM untuk 2024-2029 dan Saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres dari KIM," kata Prabowo di kediamannya, Jakarta, Minggu (22/10/2023).

Prabowo mengatakan, tidak akan deklarasi yang akan dilakukan KIM, karena langsung mendaftarkan pasangan bakal capres-cawapres ke KPU pada 25 Oktober dari Kertanegara.

"Ini sekaligus adalah deklarasi yang kita sampaikan ke masyarakat umum dan pada tanggal 25 hari Rabu kita akan daftar di KPU," kata Prabowo.

3 dari 3 halaman

Keputusan Telah Dirembukkan Ketum Parpol KIM

Sebelum dilakukan pengumuman, menurut Prabowo, keputusan Gibran sebagai cawapres telah dirembukkan oleh sejumlah ketua umum hingga sekjen partai politik dalam Koalisi Indonesia Maju.

"Saya kira tidak perlu ada pertanyaan lagi. Ini keputusan aklamasi bulat dan konsensus. Dan kita siap maju untuk Indonesia maju," pungkas Prabowo.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.