Sukses

Yusril Yakin Gibran Akan Disepakati Jadi Cawapres Prabowo

Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra mengatakan, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka segera dideklarasikan sebagai calon wakil presiden yang mendampingi Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra mengatakan, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka segera dideklarasikan sebagai calon wakil presiden yang mendampingi Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Nama Gibran telah disahkan sebagai calon wakil presiden Koalisi Indonesia Maju.

Secara khusus, Yusril telah mengucapkan selamat kepada Gibran ketika putra sulung Presiden Joko Widodo itu silaturahmi ke kediamannya di Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Sabtu (21/10/2023).

"Kami ucapkan selamat kepada beliau yang telah dipilih oleh, akan disahkan oleh Koalisi Indonesia Maju, dan sebentar lagi akan dideklarasikan," kata Yusril ketika dihubungi.

PBB mendukung Prabowo memilih Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden. PBB berkomitmen mendukung siapapun yang dipilih menteri pertahanan itu

"Karena memang Pak Gibran yang disepakati, yang dipilih oleh Pak Prabowo ya kami pun sepakat untuk mendukung beliau," kata Yusril.

Dalam waktu dekat, ketua umum partai di Koalisi Indonesia Maju bakal menggelar rapat untuk mengesahkan pencalonan Prabowo-Gibran. Sehingga deklarasi hanya tinggal menunggu waktu.

"Disertai akan ada rapat non formal. Saya belum tahu rapatnya kapan, tapi tentu segera rapat Koalisi Indonesia Maju untuk mengesahkan pencalonan ini," ujar Yusril.

"Dan saya kira karena memang sudah disepakati oleh Pak Prabowo dan juga kita lihat beberapa partai, termasuk Golkar hari ini mencalonkan Pak Gibran," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Waktu Deklarasi Belum Dipastikan

Sementara untuk waktu dan tempat deklarasi belum bisa dipastikan.

Hanya saja Yusril yakin belum akan dideklarasikan di Surabaya pada Minggu (22/10/2023). Karena para ketua umum belum ada pemberitahuan.

"Mungkin nanti barangkali bisa ditanya pada sekretaris Gerindra lebih paham terkait dengan jadwal-jadwal Pak Prabowo. Tapi kalau saya sendiri belum ada pemberitahuan bahwa akan ada deklarasi di Surabaya atau di mana," ujar Yusril.

 

3 dari 3 halaman

Gibran Rakabuming Raka Terima Putusan Golkar Diajukan Jadi Cawapres Prabowo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menerima keputusan Rapimnas Golkar yang mengusulkannya menjadi calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto.

Gibran mengatakan, akan segera koordinasi dan tindaklanjuti keputusan Rapimnas Golkar tersebut dengan Prabowo.

"Saya sangat apresiasi keputusan Rapimnas untuk selanjutnya akan kami kordinasikan akan kami tindaklanjuti dengan Pak Prabowo," ujar Gibran di kantor DPP Golkar, Sabtu (21/10/2023).

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto telah menyerahkan surat rekomendasi hasil Rapimnas kepada Gibran. Surat itu merupakan deklarasi dukungan Golkar terhadap pasangan Prabowo-Gibran.

Gibran menyampaikan terima kasih atas dukungan Golkar kepada dirinya.

"Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada keluarga besar Golkar," kata putra sulung Presiden Joko Widodo itu.

Sementara itu Gibran masih bungkam tentang status kepartaiannya. Namun, sebelumnya dikabarkan Gibran akan menjadi ketua umum AMPI, organisasi sayap kepemudaan Partai Golkar.

 

 

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.