Sukses

Soal Status Keanggotaan Gibran, Airlangga: Sudah Komunikasi dengan PDIP

Namun, Airlangga tidak mengungkap dengan siapa komunikasi itu dilakukan serta bagaimana status Gibran di PDIP dan Golkar.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengaku sudah berkomunikasi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terkait keanggotaan Gibran Rakabuming Raka. 

"Komunikasi sudah," kata Airlangga di kantor DPP Golkar, Jakarta, Sabtu, (20/10/2023).

Namun, Airlangga tidak mengungkap dengan siapa komunikasi itu dilakukan serta bagaimana status Gibran di PDIP dan Golkar. "Kalau Golkar komunikasinya lancar-lancar," jelasnya.

Sebelumnya, Airlangga menjelaskan keputusan Gibran untuk diusulkan menjadi cawapres Prabowo telah disepakati oleh pengurus DPP dan DPD Partai Golkar seluruh Indonesia.

"Kami berterima atas kehadiran Mas Gibran. Tadi dalam rapat pleno pertama, sudah diputuskan Partai Golkar mendukung bakal calon presiden Bapak Prabowo Subianto dan bakal calon wakil presiden Mas Gibran Rakabuming Raka," kata Airlangga.

"Dan barusan kami sudah menyerahkan keputusan dari pada pleno partai Golkar yang dihadiri oleh seluruh pengurus DPP dan DPD seluruh Indonesia diserahkan kepada mas Gibran Rakabuming Raka," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gibran Berterimakasih pada Golkar

Gibran menyampaikan apresiasi kepada Partai Golkar atas hasil rapimnas yang mengusung dirinya sebagai cawapres pendamping Prabowo.

"Saya ucapkan terima kasih kepada keluarga besar Partai Golkar, saya sangat mengapresiasi hasil rapimnas," ucap Gibran

Wali Kota Solo itu juga mengaku akan segera berkoordinasi dengan Prabowo terkait hasil rapimnas tersebut.

"Untuk selanjutnya akan kami koordinasikan, akan kami tindaklanjuti bersama dengan Pak Prabowo," jelas Gibran.

3 dari 3 halaman

Golkar Resmi Usulkan Gibran Jadi Cawapres Prabowo

Sebelumnya, Partai Golkar resmi mengusulkan dan mendukung putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) pendamping Prabowo Subianto.

Hal ini disampaikan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dalam rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta Barat, Sabtu (21/10/2023). Rapimnas ini juga dihadiri oleh bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto

"Mengusulkan saya tanya dulu, mengusulkan dan mendukung Mas Gibran Rakabuming Raka untuk kita pasangkan dengan Pak Prabowo sebagai bacawapres RI," kata Airlangga di depan para DPD RI Partai Golkar se-Indonesia dan petinggi Partai Golkar, Sabtu (21/10/2023).

Airlangga memastikan bahwa semua DPD RI Partai Golkar se-Indonesia, petinggi dan kader Partai Golkar setuju dengan keputusan tersebut. Dia menuturkan keputusan mendukung sosok dibawah usia 40 tahun kebawah sebagai bacawapres.

"Apakah setuju? SETUJU. Aceh setuju? Papua setuju? Sulawesi setuju? NTT setuju? Jabar setuju? Banten? Jateng? Jatim? Bali, NTT NTB Kalimantan? Pak Prabowo, semua setuju," jelasnya.

"Ada satu yang harus kami tanya juga, under 40? Setuju!," sambung Airlangga.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.