Sukses

Cocok Dampingi Ganjar, Berikut Keunggulan Andika Perkasa untuk Hadapi Prabowo

Pendaftaran capres cawapres tinggal menghitung hari. Hingga kini bacapres Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto belum mengenalkan siapa yang akan mendampingi mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Pendaftaran capres cawapres tinggal menghitung hari. Hingga kini bacapres Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto belum mengenalkan siapa yang akan mendampingi mereka.

Di berbagai bursa, nama mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa mencuat digadang-gadang cocok untuk mendampingi Ganjar Pranowo. Publik menganggap latar belakang militer Andika Perkasa dapat mengisi kekosongan Ganjar Pranowo untuk hadapi lawan beratnya, Prabowo Subianto.

Analis Politik dan Militer Universitas Nasional Selamat Ginting beranggapan, secara spesifikasi karier militer Andika Perkasa terbilang lebih unggul dari Prabowo.

“Andika bintang empat, Prabowo bintang tiga. Andika sampai KSAD dan Panglima TNI. Prabowo hanya sampai Panglima Kostrad dan Komandan Sesko TNI,” tutur Selamat Ginting dalam keterangan tertulisnya, Rabu 4 Oktober 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aspek Psikologis

Tidak hanya itu, ia juga menyoroti perbedaan dari kedua individu tersebut. Khususnya dalam aspek psikologis.

“Andika humanis, Prabowo temperamen. Andika human interested-nya bagus, namun (tetap) bisa bersikap tegas,” lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Tak Punya Catatan Pelanggaran HAM

Di lain kesempatan, pengamat politik Djuni Thamrin bahkan menyoroti sosok Andika Perkasa yang tidak memiliki sejarah pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

“Andika unggul dalam hal tidak mempunyai catatan hitam dalam perjalanan kariernya sebagai militer dan ia relatif sukses membangun HAM dan demokratisasi dalam SOP militer,” urai Djuni Thamrin beberapa waktu lalu.

Kembali pada Selamat Ginting, Andika Perkasa menurutnya jauh lebih unggul dalam pendidikan umum. Hal itu ditengarai berbagai gelar akademik yang disandang Andika Perkasa dari universitas ternama di Amerika Serikat hingga strata 3.

“Pendidikan umum, Andika lebih bagus, gelar doktor. Prabowo setelah lulus Akmil tidak pernah mengenyam pendidikan umum lagi,” tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024

  • Andika Perkasa adalah seorang perwira tinggi TNI-AD yang menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat sejak 22 November 2018.
    Andika Perkasa adalah seorang perwira tinggi TNI-AD yang menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat sejak 22 November 2018.

    Andika Perkasa

  • Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia
    Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia

    Ganjar Pranowo

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto

Video Terkini