Sukses

Andika Perkasa Dianggap Penuhi Kriteria Sebagai Cawapres Ganjar

Nama mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Andika Perkasa santer dikaitkan menjadi sosok bakal calon wakil presiden yang akan mendampingi bakal calon presiden Ganjar Pranowo di Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta Nama mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Andika Perkasa santer dikaitkan menjadi sosok bakal calon wakil presiden yang akan mendampingi bakal calon presiden Ganjar Pranowo di Pemilu 2024.

Ketua DPP Perindo Yusuf Lakaseng menilai Andika memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh Ganjar untuk memenangkan Pilpres 2024.

“Semua syarat dipenuhi Andika, dia figur yang layak mendampingi Ganjar, masalahnya cawapres hanya ada satu yang akan dipilih. Jadi mohon bersabar menunggu pengumuman resmi,” ujar Yusuf kepada wartawan, Rabu (4/10/2023).

Dia memaparkan Ganjar Pranowo membutuhkan pasangan yang merupakan tokoh yang bersih, berpengalaman, berintegritas, dan punya citra positif di rakyat karena keberaniannya menegakan keadilan.

Selain itu, Ganjar juga disebut membutuhkan cawapres yang religius dan memiliki latar belakang NU. Saat ini, menurutnya ada beberapa tokoh, termasuk Andika Perkasa yang berpeluang menjadi cawapres bagi Ganjar.

“Semua berpeluang dan semua tokoh yang hebat, mohon bersabar menunggu pengumuman resmi, toh tidak lama lagi pendaftaran capres-cawapres dibuka KPU,” ujarnya.

Lebih dari itu, Yusuf mengklaim tokoh yang bakal menjadi cawapres Ganjar akan berdampak positif dalam memenangkan Pilpres 2024.

“Tunggu saja kejutannya dalam waktu yang tidak lama lagi. InsyaAllah hitungan minggu, pendaftaran kan dibuka tanggal 19 Oktober,” ujar Yusuf.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Andika Gabung ke Tim Ganjar

Diketahui, Andika saat ini juga menjabat sebagai wakil ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Selain pernah menjadi Panglima TNI, Andika juga pernah menjabat berbagai jabatan strategis di militer seperti Kepala Staf TNI AD, Pangkostrad, Dankodiklatad, Pangdam Tanjungpura, Danpaspampres. Andika mengawali karirnya sebagai militer di Kopassus.

Andika juga pernah mengenyam pendidikan di Harvard University, National Defense University, dan Norwich University. Berbagai penghargaan juga pernah diraihnya selama berkarir sebagai TNI.

 

3 dari 4 halaman

Dianggap Bisa Melengkapi Ganjar Pranowo di Sisi Penegakkan Hukum

Ketua DPP Perindo Bidang Hukum dan HAM, Tama S. Langkun, menyebut Andika adalah sosok yang bisa melengkapi Ganjar Pranowo terutama dalam salah satu program Ganjar yaitu pemberantasan korupsi dan penegakan hukum.

“Menarik terkait pijakan program mas Ganjar yang salah satunya adalah pemberantasan korupsi dan penegasan hukum. Andika memiliki sisi ketegasan dan keberpihakan pada isu hukum," kata dia dalam keterangannya, Kamis (28/9/2023).

Tama menuturkan, Andika adalah tipe orang militer yang luwes dan jauh dari kata menakutkan

“Dengan Mas Andika Perkasa sendiri, saya beberapa kali interaksi, waktu di LPSK. saya melihat dia bukanlah militer yang kaku namun amat sangat luwes. Beliau bahkan ikut melihat sendiri korban (sebuah kasus yang melibatkan militer) secara langsung," jelas dia.

"Image-nya dia sudah beda, tentunya tidak menakutkan. Dia bisa bergaul dengan masyarakat dengan baik, dan secara figur merupakan orang yang sangat pas (untuk menjadi wakil presiden Ganjar Pranowo)," tambahnya.

Menurut Tama, Andika Perkasa juga tidak memiliki gangguan besar dalam hal integeritas yang biasa menjadi hambatan bagi anggota TNI

"Secara integeritas dan rekam jejak, saya rasa tidak ada hal serius yang perlu diperhatikan lebih lanjut," kata dia.

 

4 dari 4 halaman

Penguatan Diplomasi Pertahanan

Perhelatan Pemilihan Presiden tak lama lagi akan digelar. Berbagai macam isu serta manuver elite politik mulai ramai di permukaan. Khususnya dalam melihat perkembangan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nanti

Nama mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa masuk dalam kandidat pencalonan pendamping bakal calon presiden PDI-P Ganjar Pranowo. Bahkan masuknya nama Andika disebut dapat membuat kontestasi jauh lebih menarik.

Pengamat dunia pertahanan serta peneliti lab politik Universitas Bakrie, Aditya Batara menilai bahwa Jendral Andika Perkasa memiliki strong point penguatan diplomasi pertahanan yang membuat dia pantas menjadi Cawapres Ganjar Pranowo

“Semasa menjabat Panglima TNI, capaiannya juga luar biasa, terutama dalam meningkatkan kerjasama antara TNI dengan militer dari negara-negara lain,” ujar Aditya dalam keterangan diterima.

Aditya juga menambahkan, Andika Perkasa paham betul bagaimana pentingnya penguatan diplomasi pertahanan sebagai penguatan antar negara di era perkembangan geostrategi yang semakin tidak menentu

“Jenderal Andika sepertinya paham betul mengenai perkembangan geostrategi yang semakin tidak menentu dan pentingnya penguatan diplomasi pertahanan sebagai mekanisme penguatan rasa saling percaya (confidence-building measures) antar negara,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.