Sukses

Banyak Artis Daftar Caleg ke KPU Lewat PAN, Yandri Susanto Yakin Mereka Punya Kompentensi

PAN optimistis bertarung di Pemilu 2024 dengan banyaknya caleg yang berasal dari kalangan artis.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) menyerahkan sejumlah nama sebagai Daftar Caleg Tetap (DCT) yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Selasa, (3/10/2023). Penyerahan DCT ini membuat PAN optimistis siap bertarung di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

PAN disebut-sebut memiliki caleg dari kalangan artis terbanyak. Meski begitu, partai berlambang matahari putih ini yakin kadernya yang berlatar belakang artis tersebut memiliki kompetensi untuk menjadi wakil rakyat.

"Sebenarnya mau dia artis atau bukan, selama memiliki kompetensi dan mau, dia bisa jadi caleg. Jadi enggak ada masalahnya," ucap Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto.

Beberapa nama artis populer yang mendaftar menjadi Caleg 2024 lewat PAN, antara lain Eko Hendro Purnomo (Eko Patrio), Dessy Ratnasari, Primus Yustisio, Pasha Ungu, Surya Utama (Uya Kuya), Lula Kamal, hingga Siti KDI.

Mereka adalah sederet kecil caleg dari kalangan artis yang mungkin wajahnya sudah mulai jarang muncul di acara hiburan televisi.

Beberapa nama yang lebih dikenal generasi muda juga turut disertakan dalam pendaftaran Caleg 2024, antara lain Verrell Bramasta, Jeje Ritchie Ismail, Stefan William, Tom Liwafa, dan Aditya Zoni.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Caleg Artis PAN Diwajibkan Ikut Sekolah Politik

Ketua DPP PAN Zita Anjani turut bersuara ketika ditanyai mengenai banyaknya artis yang bergabung dengan partainya. Menurut dia, para artis mempunyai kompetensi, sebab PAN telah mengikutkan mereka sekolah politik bersama kader lainnya.

"PAN membuka kesempatan bagi siapapun. Karena untuk dipilih jadi wakil rakyat, seseorang harus memiliki popularitas. Para artis ini sudah punya, tinggal tugas mereka mengubahnya menjadi elektabilitas. Kalau soal kompetensi, di PAN ada sekolah politik yang wajib diikuti semua kader kok," ujar Zita lebih lanjut.

Selain itu, dengan diserahkan daftar nama calon legislatif tetap ini, PAN juga optimistis bisa meraup kursi legislatif lebih banyak lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini