Sukses

Soal Kapten Timnas AMIN, Anies Baswedan: Bukan Cuma 1 Orang, Banyak Banget

Bakal Calon Presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan angkat bicara soal sosok yang akan memimpin Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Cak Imin di Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal Calon Presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan angkat bicara soal sosok yang akan memimpin Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Cak Imin di Pemilu 2024. Sebelumnya mencuat nama mantan Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj.

Anies mengatakan, kandidatnya tidak hanya satu tokoh saja. "Nanti, nanti pada waktunya diumumin. Dan bukan cuma satu orang, banyak banget," kata dia ditemui di Loket Pelayanan Masyarakat Baintelkam Polri di Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (25/9/2023).

Anies belum mau mengungkap kapan akan diumumkan kapten Timnas Anies-Cak Imin. Ketika sudah siap akan diumumkan.

"Ya nanti, nanti ketika, ketika sudah siap kita umumin," kata dia.

Mantan Fubernur DKI Jakarta ini menyinggung kebiasaannya, yakni merampungkan dahulu baru diumumkan ke publik.

"Ya nanti pada waktunya akan diumumkan. Yang pernah bersama saya di Jakarta pasti tau persis saya mengerjakan dulu sampai selesai, baru diumumkan. Enggak biasa diumumkan di awal," kata Anies.

Sementara itu, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berharap mantan Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj mau menjadi kapten atau ketua Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Cak Imin. Nama Said Aqil salah satu yang dipertimbangkan menjadi Kapten Timnas.

"Ya kalau kami sangat berharap juga, semua itu, tapi kan belum. Nanti seperti apa komunikasi yang dilakukan," ujar Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis 21 September 2023.

Menurut Cucun, Said Aqil punya kedekatan khusus dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Oleh sebab itu, kata Cucun, arahan Said Aqil sangat ditunggu oleh Anies-Cak Imin.

"Dan beliau seperti apa juga arahan, pasti kalau kedekatan Gus Imin sama Kiai Said kan tahu semua, antara santri dan kiai kiainya," ujar Cucun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anies Selesai Urus SKCK, Siap Daftar Capres-Cawapres Kapan Saja

Bakal Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan telah mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Setelah melengkapi berkas administrasi, Anies Baswedan mengaku siap kapanpun mendaftar ke KPU sebagai calon presiden. 

"Iya kapan saja didaftarkan, kapan saja dibuka, Insyaallah kita siap," kata Anies ditemui usai mengurus SKCK di Loket Pelayanan Masyarakat Baintelkam Polri di Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (25/9/2023).

Dia menerangkan, Badan Pekerja (BAJA) Anies-Imin tengah menyiapkan persyaratan administratif untuk pendaftaran capres-cawapres. Karena itu, Anies siap kapan saja mendaftar, termasuk pada hari pertama pendaftaran. Pendaftaran capres-cawapres dibuka pada 19-25 Oktober 2023.

"Badan pekerja yang mulai bertugas, mereka sudah menyiapkan itu semua. Administrasinya dan semua hal-hal substantif, itu semua diselesaikan di badan pekerja. Jadi BAJA itu yang menyiapkan semuanya. Jadi kita siap kapan saja," jelas Anies.

Soal pengurusan SKCK ini, Anies mengatakan, dokumen untuk capres dan cawapres itu tidak bisa diwakilkan. 

"Tadi saya diberitahu untuk SKCK bagi capres cawapres itu penandatanganannya tidak bisa diwakilkan tapi ditandatangani langsung Kabaintelkam. Jadi berkas berkas itu walaupun sudah lengkap sedang proses verifikasi," kata dia.

Proses tersebut membutuhkan waktu 24 jam. Maka SKCK capres cawapres Anies akan selesai pada besok.

"Proses verifikasi itu singkat tapi karena proses penandatanganan maka diperkirakan selesai besok jadi 24 jam selesai ditandatangani Kabaintelkam. Jadi saya menunggu besok insyaallah selesai," kata Anies.

 

 

 

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.