Sukses

Andika Perkasa Dianggap Figur yang Cocok Sebagai Cawapres Ganjar Pranowo

Sosok mantan Panglima TNI Jenderal (purnawirawan) Andika Perkasa disebut sebagai calon potensial pendamping Ganjar Pranowo di Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta Sosok mantan Panglima TNI Jenderal (purnawirawan) Andika Perkasa disebut sebagai calon potensial pendamping Ganjar Pranowo di Pemilu 2024.

Politikus PDIP Andreas Pareira menyebut, Andika adalah tipe personal yang tidak gemar menunjukkan diri. Bahkan saat menjabat sebagai Panglima TNI, Andika Perkasa tidak pernah menyombongkan diri dan bersikap angkuh.

“Beliau kan tipe orang yang tidak senang menonjolkan dirinya ya. Saya melihat dia sebagai seorang militer profesional ketika menjadi seorang panglima,” tutur Andreas dalam keterangannya, Jumat (22/9/2023).

Tidak hanya itu, gambaran mengenai sosok Andika Perkasa pun dapat dilihat pada sikapnya setelah purna tugas sebagai Panglima TNI. Andika enggan menonjolkan sikap yang ambisius terhadap apa yang akan dicapai di masa depan.

“Setelah selesai (sebagai Panglima TNI) itu pun dia (Andika Perkasa) tidak menonjolkan diri tidak menunjukkan kesan ambisius,” lugas Andreas.

Ia pun mengutarakan bahwa dibalik kerendahan hati Jenderal Andika Perkasa (Purn), eks Panglima TNI itu turut menyimpan karakter yang tegas. Sehingga, sifat Jenderal Andika Perkasa (Purn) menjadi faktor komplimentari yang jelas dan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh PDIP.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sosok yang Tepat

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya memandang, masuknya nama mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa dalam bursa calon wakil presiden (cawapres) pendamping bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo merupakan hal yang sangat menarik dalam proses Pilpres 2024.

Apabila terjadi, maka kombinasi pasangan tersebut dinilainya akan kuat.

Menurutnya, Andika Perkasa dapat memanfaatkan kekuatan latar belakanganya yang berasal dari kalangan militer dalam mendampingi Ganjar Pranowo menghadapi bacapres lain, khususnya Prabowo Subianto yang juga merupakan pensiunan jenderal.

"Munculnya nama Andika menurut saya jadi menarik, karena lawannya Ganjar yang paling kuat saat ini Prabowo. Dengan kelengkapan sosok jenderal di sampingnya itu jadi kekuatan tersendiri," tutur Yunarto dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/9/2023).

Yunarto menyampaikan, kombinasi Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa memiliki kekuatan tersendiri lantaran menyatukan latar belakang sipil dan militer.

“Kombinasi antara kekuatan nasionalis secara sipil bersanding dengan kekuatan militer, yang biasanya dekat dengan pemilih Islam, bisa jadi kekuatan tersendiri," jelas Yunarto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024

  • Andika Perkasa adalah seorang perwira tinggi TNI-AD yang menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat sejak 22 November 2018.
    Andika Perkasa adalah seorang perwira tinggi TNI-AD yang menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat sejak 22 November 2018.

    Andika Perkasa

  • Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia
    Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia

    Ganjar Pranowo

  • Cawapres