Sukses

Jaga Silaturahmi, Yusril Temui Kiai Pesantren Langitan

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, mengadakan pertemuan khusus dengan KH Ubaidillah Faqih, Pimpinan Pondok Pesantren Langitan di Babat, Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, mengadakan pertemuan khusus dengan KH Ubaidillah Faqih, Pimpinan Pondok Pesantren Langitan di Babat, Jawa Timur.

Bukan tanpa alasan, kedatangan Yusril yang didampingi Sekjen PBB Afriansyah Noor dan Ketua DPW PBB Jawa Timur Muhammad Masduki itu, terkesan tertutup. Kiyai Ubaidillah hanya ditemani putranya, yang juga pengasuh Pondok Pesantren Langitan Gus Alawi.

Pertemuan berlangsung sekitar dua jam disertai jamuan makan malam di pesantren yang berdiri sekitar tahun 1850 itu.

Yusril mengatakan, kunjungannya ke Pondok Pesantren Langitan adalah untuk bersilaturahmi. Hubungannya dengan pondok tersebut telah terjalin ketika KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan ulama sepuh pondok tersebut KH Abdullah Faqih masih hidup.

Kiai Faqih sangat berterima kasih dan menghormati Yusril yang rela mundur menjadi calon Presiden RI dalam Sidang MPR 1999 dan memberikan kesempatan kepada Gus Dur.

“Dia anak Masyumi yang paham sejarah politik umat Islam dan sangat dekat hubungannya dengan kaum Nahdhiyyin,” kata Yusril menirukan ucapan Kiyai Faqih dalam keterangan tertulisnya, Senin (11/9/2023).

Setelah Kiai Faqih wafat, putranya yang kini mengelola Pondok Langitan, KH Ubaidillah Faqih meneruskan hubungan baik itu.

“Saya sangat menghormati Kiyai Ubaidillah, dan menganggap beliau sebagai kiyai yang mukasyafah yang mampu melihat persoalan yang tak terlihat manusia biasa. Beliau mewarisi kemampuan itu berkat gemblengan para leluhurnya,” ujar Yusril.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Titip Salam untuk Prabowo

KH Ubaidillah memberikan nasihat dan mendoakan Yusril agar tetap istiqomah dan konsisten dalam menjaga kesatuan dan persatuan bangsa dan memperhatikan kehidupan umat Islam Indonesia.

“Kiai Ubaidilah menitip salam kepada Pak Prabowo Subianto melalui Pak Yusril dan saya. Beliau mengatakan dengan tangan terbuka akan menyambut kedatangan Pak Prabowo bersilaturrahim dengan para kiyai dan santri Pondok Pesantren Langitan,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024

  • Yusril Ihza Mahendra adalah pengacara, politikus, mantan menteri, dan kini mencalonkan diri sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta
    Yusril Ihza Mahendra adalah pengacara, politikus, mantan menteri, dan kini mencalonkan diri sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta

    Yusril Ihza Mahendra

Video Terkini