Sukses

Megawati Sebut Pemilu 2024 Ibarat Dansa, Mulai hanya Sendiri hingga Gonti-ganti Pasangan

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengaku dirinya mendapat pertanyaan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi soal bagaimana suasana Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengaku dirinya mendapat pertanyaan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi soal bagaimana suasana pemilihan umum (Pemilu) 2024. Megawati pun menjawab bahwa Pemilu 2024 akan seperti berdansa.

Hal ini disampaikan Megawati di hadapan kader PDIP Daerah Istimewa Yogyakarta di kantor DPD PDIP Yogyakarta, Selasa (22/8/2023). Dalam acara ini, hadir Gubernur Jawa Tengah sekaligus calon presiden dari PDIP, Ganjar Pranowo.

"Jadi Pak Jokowi setelah periode 1, begitu selesai periode 2, jadi saya ini dipanggil ditanya, 'Bu suasana nanti ketika akan Pemilu, kalau menurut Ibuk suasananya akan seperti apa?'," kata Megawati saat memberikan pengarahan.

"Saya gampang aja, Pak. Bapak tau enggak kalau orang berdansa," sambungnya.

Dia mengatakan Jokowi sempat menanyakan hubungan antara politik dan berdansa. Megawati lalu menjelaskan bahwa berdansa biasanya ada yang sendiri, dilakukan bersama-sama atau berdua, dan berganti-ganti pasangan.

Dia menilai suasana Pemilu 2024 akan seperti itu. Mendengar itu, kata Megawati, Presiden Jokowi pun hanya tertawa.

"Gampang Pak, itu simbol, berdansa itu bisa sendiri, bisa dua-an, bisa ramai-ramai, terus bisa slowmotion, gerakannya pelan, seperti Waltz, ada rumba, ada rock and roll, kalau udah ganti-ganti pasangan. Yang ini ganti sono, yang ini ganti sini," jelasnya.

"Terus beliau (Jokowi) sambil ketawa. Oh, saya paham Bu, paham," imbuh Megawati.

Presiden kelima RI itu pun meminta seluruh kader PDIP untuk turun ke jalan dan menyapa masyarakat. Hal ini agar PDIP dapat kembali memenangkan Pemilu maupun Pilpres 2024.

"Nanti suasananya kayak (berdansa) gitu. Jadi lihat aja sekarang. Enggak usah nanti mikir-mikirnya gini, aduh kok kita dikurung, kok kita dihinakan, wes meneng we, tapi nyambut gawe. Turun ke akar rumput, sapa mereka. Enggak ada jalan lain," tutur Megawati.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kandidat Capres

Seperti diketahui, saat ini PDIP sudah mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai capres 2024. Hingga kini, Ganjar didukung oleh PDIP, PPP, Partai Hanura, dan Partai Perindo.

Sementara calon presiden Prabowo Subianto didukung empat partai besar yakni, Partai Gerindra, PAN, Partai Golkar, dan PKB. Kemudian calon presiden Anies Baswedan saat ini didukung Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Pilpres 2024

  • PDIP

Video Terkini