Sukses

Manuver Massa Relawan Dinilai Kuatkan Dukungan Jokowi ke Prabowo

Peneliti Senior Ipsos Indonesia, Arif Nurul Imam menilai Prabowo berpotensi menang pada Pilpres 2024 karena tak terlepas dari kalkulasi politik Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden (capres) Prabowo Subianto meraih banyak dukungan dari massa pendukung Jokowi untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Menteri Pertahanan itu terbukti memiliki elektabilitas yang kokoh.

Peneliti Senior Ipsos Indonesia, Arif Nurul Imam menilai Prabowo berpotensi menang pada Pilpres 2024 karena tak terlepas dari kalkulasi politik Presiden Jokowi. Kalkulasi tersebut berkaitan dengan probabilitas potensi keunggulan Prabowo di banyak lembaga survei.

“Soal belakangan Presiden Jokowi yang terkesan lebih dekat dengan Prabowo Subianto tentu tak lepas dari kalkulasi politik Jokowi,” kata Arif, Minggu (16/7/2023).

“Kalkulasi yang dimaksud adalah terkait probabilitas potensi kemenangan dimana Prabowo Subianto sekarang ini unggul dalam banyak survei,” terang Arif.

Arif melanjutkan, kalkulasi politik dan probabilitas kemenangan di banyak lembaga survei membuat Presiden Jokowi belakangan ini mempunyai kedekatan dengan Prabowo.

“Dari situasi inilah, boleh jadi Jokowi lebih dekat dengan Prabowo Subianto,” lanjut Arif.

Tak cukup sampai disitu, sinyal kuat Presiden Jokowi yang cenderung mendukung Prabowo bisa dilihat dari gerak organ relawan Jokowi yang masih terawat dengan baik hingga saat ini. Hal tersebut semakin menguatkan jika Prabowo lebih didukung untuk menjadi Presiden Indonesia selepas Presiden Jokowi lengser dari jabatannya.

“Indikasi Jokowi condong mendukung ke Prabowo bisa kita lihat dari gerak organ relawan Jokowi seperti Prabowo Mania (eks Jokowi Mania), Projo dan lain-lain,” pungkas Arif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prabowo Unggul di Survei

Tambahan informasi, seperti diungkapkan dari hasil survei terbaru yang dikeluarkan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 1-8 Juli 2023 yang melibatkan 1242 responden, menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi itu berhasil menduduki peringkat pertama.

Prabowo berhasil mengumpulkan dukungan sebesar 35,8 persen suara. Angka itu jauh lebih tinggi dibandingkan capres partai PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo yang meraup suara sebanyak 32,2 persen dan capres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan yang mengantongi dukungan sebesar 21,4 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • relawan