Sukses

Punya Kekuatan Geopolitik, Erick Thohir Dinilai Sosok Tepat Jadi Cawapres Ganjar Pranowo

Sosok capres dan cawapres untuk Pilpres 2024 masih menjadi perdebatan banyak pihak. Meskipun beberapa nama capres sudah mulai diketahui oleh masyarakat, namun nama cawapres masih menjadi tanda tanya untuk semua kalangan.

Liputan6.com, Jakarta Sosok capres dan cawapres untuk Pilpres 2024 masih menjadi perdebatan banyak pihak. Meskipun beberapa nama capres sudah mulai diketahui oleh masyarakat, namun nama cawapres masih menjadi tanda tanya untuk semua kalangan.

Pengamat politik dari Universitas Djuanda Bogor Gotfridus Goris Seran menyebut, Ganjar Pranowo dan Erick Thohir bisa diduetkan pada Pilpres 2024. Kedua nama tersebut layak maju menjadi capres dan cawapres 2024.

“Kalau Erick Thohir berorientasi ke luar Pulau Jawa, maka kekuatan capres patut mempertimbangkan geopolitik. Erick Thohir dapat ditandemkan dengan capres Ganjar Pranowo yang memainkan peran geopolitik,” kata Gotfridus Goris Seran, Senin (5/6/2023).

Gotfridus menilai adanya faktor pertimbangan kapabilitas kandidat menjadi kunci untuk mendongkrak elektabilitas capres dan cawapres. Menurutnya, figur yang diusung partai politik (parpol) atau koalisi parpol sebagai cawapres dalam Pemilu 2024 harus mempunyai kemampuan yang mumpuni sehingga dapat menjadi pasangan yang paripurna ketika disandingkan dengan capres.

Selain itu, menurutnya cawapres juga harus memiliki keahlian teknokratik, hingga berintegritas (bersih, berpihak, dan berkomitmen). Dimilikinya kemampuan tersebut bisa ditelusuri dari rekam jejak figur cawapres.

“Erick Thohir sebagai cawapres potensial lahir dari aspirasi masyarakat karena rekam jejak dan keberhasilannya di BUMN dan persepakbolaan,” ungkap Gotfridus Goris Seran.

Kemudian, Gotfridus Goris Seran juga mengakui bahwa keunggulan Erick Thohir yang lain adalah bukan kader partai dan kapabel sebagai profesional. Maka dari itu, kapabilitas kandidat tersebut menjadi kekuatan Erick Thohir dalam kontestasi presidensial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PAN Sodorkan ke PDIP

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto menyatakan diterima atau tidaknya nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebagai calon wakil presiden, menjadi pertimbangan PAN untuk berkoalisi dengan PDIP dan mendukung Ganjar Pranowo. PAN telah menyodorkan nama Erick sebagai cawapres Ganjar Pranowo.

"Betul, betul (kursi cawapres menentukan PAN koalisi dengan PDIP)" ujar Yandri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/6/2023).

Yandri mengatakan PAN telah mengusulkan nama Erick Thohir sebagai pendamping Ganjar langsung kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Megawati meminta usulan PAN itu untuk dibahas lebih lanjut.

"Mbak Mega sampaikan perlu dibahas lebih lanjut. Nah, saya kan bukan penerjemah Mbak Mega kan, apakah dia sreg atau tidak (cawapres Erick Thohir), saya bukan di situ," kata Yandri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.