Sukses

Rommy: Erick Thohir Puncaki Klasemen Cawapres dari PBNU

Ia kemudian menjelaskan Erick Thohir merupakan pemimpin yang sudah menjadi bagian dari keluarga besar NU.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Majelis Pertimbangan PPP, Romahurmuziy atau Rommy mengatakan Menteri BUMN yang juga Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir memuncaki klasemen kandidat calon wakil presiden (cawapres) dari PBNU. Ia mendapatkan bocoran saat ini PBNU tengah melakukan seleksi terhadap kader – kader yang akan diajukan untuk maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

“Saya dengar PBNU tengah melakukan ‘seleksi’ dari nama-nama kader NU, Erick Thohir memuncaki klasemen kandidat cawapres PBNU, karena sudah kader NU,” terang Rommy dikutip, Jumat (12/5/2023).

Ia kemudian menjelaskan Erick Thohir merupakan pemimpin yang sudah menjadi bagian dari keluarga besar NU. Di mana pemimpin andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi ini adalah Anggota Kehormatan Banser dan Ketua Steering Committee (SC) Panitia Harlah ke-100 NU.

Di samping itu, Erick Thohir juga menerima amanah dari Wapres Indonesia, KH Ma’ruf Amin yang juga mantan Rais Aam NU posisi Ketua Umum (Ketum) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). Posisi ini menugaskan Eks Presiden Inter Milan tersebut mengembangkan sektor ekonomi syariah di Indonesia.

Kerja nyata yang monumental dilakukan oleh Erick Thohir sebagai Menteri BUMN sekaligus Ketum MES adalah mendirikan Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan menggabungkan bank – bank syariah milik negara yakni Mandiri Syariah, BNI Syariah dan BRI Syariah. Bank ini berdiri dengan menjadi bank terbesar ke tujuh di Indonesia dan sekarang berada di posisi enam.

Dengan ini, branding pemimpin religius dan kader NU sangat melekat dengan Erick Thohir sehingga potensial untuk melengkapi pemimpin yang bercorak nasionalis di Pilpres 2024 mendatang. Maka dari itu, nama Erick Thohir sangat diperhitungkan oleh PBNU untuk menjadi pendamping pemimpin Indonesia selanjutnya.

“Pak Erick Thohir salah satu pemimpin yang memiliki branding religius, kita tahu persis Pak Erick Thohir Ketua MES, masuk menjadi Banser, ketua panitia satu abad NU, artinya Pak Erick Thohir ini sudah menjadi NU,” ujar Rommy.

“Pak Erick Thohir juga tidak hanya concern di NU tapi juga perbankan syariah,” tandasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erick Thohir Berpotensi Raih Dukungan Parpol

Tingkat elektabilitas Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang tumbuh semakin positif membuka peluang maju calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024. Erick Thohir dinilai potensial raih dukungan partai politik (parpol).

Pengamat Politik Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing mengatakan, kans besar dimiliki Erick Thohir dapat maju sebagai cawapres. Kondisi tersebut dapat dilihat dari raihan elektabilitas yang terus menguat.

Berdasarkan temuan survei Poltracking Indonesia periode 5-19 April 2023, Erick Thohir mampu puncaki elektabilitas cawapres. Erick Thohir mampu meraih angka elektabilitas 17,1 persen unggul dari figur lainnya.

"Untuk calon wakil presiden saya kira sangat berpeluang," ujar Emrus.

Dia menambahkan, hadirnya dukungan besar kepada Erick Thohir terus bermunculan dari berbagai elemen. Kondisi demikian tidak terlepas dari karakteristik kepemimpinan Erick Thohir sangat disukai semua golongan masyarakat.

Karenanya dia menilai, Erick Thohir menjadi sosok paling diinginkan maju sebagai cawapres pada Pilpres mendatang. Kondisi demikian juga lantaran Erick Thohir tidak terikat kader oleh parpol manapun.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini